5 Ayat Al-Qur’an tentang Ilmu

5/5 - (2 votes)

GenQu Media—SahabatQu, tetap berusaha mencari ilmu adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim. Islam mendorong kita untuk senantiasa belajar, bertanya, dan berusaha untuk memperbaiki diri dengan mendapatkan ilmu pengetahuan. Nabi Muhammad saw. pernah berkata: “Mencari ilmu wajib bagi setiap muslim”. Beliau juga pernah menyatakan: “Carilah ilmu mulai dari buaian hingga ke liang lahat”.

Namun, sebelum kita meneliti banyak hadis dan ucapan Nabi Muhammad saw. tentang ilmu pengetahuan. Mari kita lihat ayat Al-Quran, firman otoritatif Allah untuk memahami pentingnya ilmu pengetahuan. Simak selengkapnya sebagaimana GenQu Media lansir dari themuslimvibe.com

Berikut adalah lima contoh dari Al-Quran tentang kedalaman iman yang bisa kita harapkan melalui aktif mengejar ilmu.

Membaca atas Nama Allah

ilmu
sumber: canva

“Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmu Maha Pemurah. Dia yang mengajarkan dengan pena, Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-Alaq (96): 1-5)

Di sini kita menerima perintah langsung untuk membaca dengan nama Allah. Untuk menghargai ilmu, maka aktivitas menulis dan membaca sebagai berkah dari Allah. Ini untuk menjadikan diri kita pelayan yang lebih baik bagi Allah. Kita harus memahami bahwa memperoleh ilmu pengetahuan adalah bentuk ibadah. Ini merupakan cara untuk benar-benar menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah.

Ilmu itu Tauhid

Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia, (Allah) yang menegakkan keadilan. (Demikian pula) para malaikat dan orang berilmu. Tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Ali Imran [3]: 18)

Dalam ayat ini, kita memahami bahwa kita tidak boleh hanya mengasumsikan bahwa kita percaya pada tawhid, Keesaan Allah. Kita harus aktif belajar dan memperoleh ilmu untuk benar-benar memahami Keagungan dan Keesaan Allah. Inilah yang akan membantu kita teguh berada di jalan yang benar.

Belajar untuk Melindungi Iman

Tidak sepatutnya orang-orang mukmin pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi (tinggal bersama Rasulullah) untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya? (QS. At-Taubah [9]: 122)

Al-Quran mengingatkan kita, dengan mendedikasikan diri kita pada pengejaran ilmu pengetahuan, kita dapat membantu melindungi diri dari kejahatan dan kebodohan dunia ini. Dengan membaca dan benar-benar memahami agama kita, hanya dengan begitu kita bisa berharap mendapatkan perlindungan dari Allah.

Memperoleh Ilmu adalah Bagian dari Iman

Orang-orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh untuk (mencari keridaan) Kami benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Sesungguhnya Allah benar-benar bersama orang-orang yang berbuat kebaikan. (QS. Al-Ankabut [29]: 69)

Kita harus ingat bahwa belajar dan memperoleh ilmu adalah amal ibadah. Aktivitas ini tidak selalu akan mudah dan merupakan bentuk perjuangan yang terus-menerus. Namun, seperti yang diingatkan Al-Quran kepada kita, perjuangan juga merupakan bagian integral dari menjadi seorang muslim yang lebih baik. Menuntut ilmu akan membimbing kita menuju ke dekatannya dengan Allah.

Ilmu adalah Karunia

Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, “Berdirilah,” (kamu) berdirilah. Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Mujadalah [58]: 11)

Meskipun kita semua memiliki kewajiban untuk memperoleh ilmu pengetahuan, setiap usaha untuk menjadi lebih baik akan mendatangkan berkah dari Allah. Artinya, diberkati dengan ilmu dari Allah seharusnya menjadi salah satu pencapaian tertinggi kita. Jika kita terus berusaha belajar menjadi muslim yang lebih baik. Marilah kita berdoa agar kita semua akan diberkati dengan kasih sayang dan rahmat Allah.

SahabatQu, demikianlah 5 ayat Al-Qur’an tentang ilmu. Tentu kita berharap besar ayat ini memotivasi kita semua untuk selalu mengutamakan ilmu. Semoga kita bisa mendapatkan ilmu yang berkah, yang dengan ilmu itu kita bisa selamat di dunia dan akhirat.

Leave a Comment