7 Rahasia Al-Fatihah yang Mengundang Keberkahan

Kita semua tentu sudah akrab dengan surah Al-Fatihah. Ya, minimal kita membacanya 5 kali 17 kali saat menunaikan shalat wajib. Bener nggak?
Total
0
Shares
Al-Fatihah
sumber: perchance.org
5/5 - (2 votes)

GenQu Media—SahabatQu, kita semua tentu sudah akrab dengan surah Al-Fatihah. Ya, minimal kita membacanya 5 kali 17 kali saat menunaikan shalat wajib. Bener nggak? Namun pastinya kalau kamu tidak sekedar menunaikan shalat wajib, ditambahi dengan bermacam shalat sunah, surah Al-Fatihah yang kamu baca akan jauh lebih banyak. 

Nah, ternyata ada perbedaan pendapat mengenai turunnya surah ini, apakah di Makkah (Makkiyah) atau Madinah (Madaniyah). Ulama yang berpendapat surah ini turun di Makkah antara lain, Qatadah, Abu Al-Aliyah, dan Ibnu Abbas. Sementara Abu Hurairah, Atha’ bin Abi Rabbah, dan Mujahid berpendapat bahwa Al-Fatihah termasuk surah madaniyah sebagaimana diriwayatkan oleh At-Thabrani. 

Jumlah ayat surah Al-Fatihah ada sebanyak 7 ayat. SahabatQu juga perlu tahu, ternyata Al-Fatihah juga merupakan surah pertama yang diturunkan secara lengkap. Mari kita selami lebih jauh tentang 7 rahasia Al-Fatihah. Namun sebelumnya, SahabatQu ketahui terlebih dahulu nama lain dari surat ini.

Julukan Lain Surah Al-Fatihah

SahabatQu, surat Al-Fatihah juga punya beberapa nama lain yang digunakan dalam tradisi Islam. Beberapa nama alternatif surah ini yang umumnya digunakan adalah:

Ummul Kitab atau Ummul Quran

Ummul Kitab berarti “Induk Kitab” atau “Pintu Gerbang Kitab”. Nama ini merujuk pada posisi surah Al-Fatihah sebagai surah pembuka Al-Quran yang menjadi dasar dan induk bagi seluruh isi Al-Quran.

As-Sab’ul Matsani

As-Sab’ul Matsani artinya “Tujuh Ayat yang Diulang-ulang”. Nama ini merujuk pada jumlah ayat dalam surah Al-Fatihah yang berjumlah tujuh, serta diulang-ulang dalam setiap rakaat shalat.

Artikel FYI: 10 Masjid Terunik di Dunia, Punya Jejak Sejarah dengan Arsitektur Megah & Indah

Fatihatul Kitab

Fatihatul Kitab memiliki arti “Pembukaan Kitab” atau “Pembukaan Al-Quran”. Istilah ini digunakan untuk merujuk pada Al-Fatihah sebagai surah pembuka Al-Quran yang berada di awal kitab suci tersebut. Julukan ini disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam An-Nasa’i dari Ibnu Abbas.

Dalam riwayat tersebut, Fatihatul Kitab dan akhir surah Al-Baqarah disebut sebagai dua cahaya yang hanya dianugerahkan kepada Rasulullah saw., tidak kepada para nabi lainnya.

Al-Hamd

Al-Hamd berarti “Puji-pujian” atau “Pujian yang Maha Tinggi”. Nama ini merujuk pada awal surah Al-Fatihah yang dimulai dengan pujian kepada Allah swt.

Asy-Syifa

Asy-Syifa artinya “Penyembuh” atau “Obat”. Nama ini merujuk pada salah khasiat surah Al-Fatihah sebagai penyembuh dan digunakan sebagai ruqyah dalam upaya menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik fisik maupun nonfisik.

Baca Juga: 11 Fungsi Al-Qur’an dalam Kehidupan Sehari-Hari

7 Rahasia Ummul Kitab

Al-Fatihah
sumber: perchance.org

SahabatQu, surah yang berjuluk Ummul kitab memiliki banyak keistimewaan yang masih jarang diketahui banyak orang . Berikut adalah 7 rahasia Al-Fatihah yang GenQuMedia.com rangkum untuk Sahabat:

Diturunkan dari Perbendaharaan Arasy

Salah satu rahasia surah ini adalah termasuk salah satu surah yang amat istimewa karena diturunkan dari perbendaharaan Arasy. Abu Umamah menyebutkan, ada 4 ayat yang termasuk dalam perbendaharaan Arasy, yaitu Ummul Kitab, ayat kursi, penutup surah al-Baqarah dan surah Al-Kautsar.

Jadi Salah Satu Rukun Shalat

SahabatQu pasti sudah mafhum, Ummul Kitab wajib kita baca dalam shalat. Kalau kita nggak membacanya, shalat kita jadi nggak sah, sebagaimana Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah sah shalat seseorang yang tidak membaca surah Al-Fatihah” (HR.Bukhari dan Muslim).

Obat Segala Penyakit

SahabatQu mungkin pernah berada dalam sebuah forum di mana dalam forum itu dibacakan surah Al-Fatihah untuk mendoakan orang yang sedang sakit. Ya memang benar demikian, Ummul Kitab merupakan penyembuh dari segala macam penyakit.

Abdul Malik Umair menuturkan, Rasulullah saw. pernah bersabda, “Dalam Al-Fatihah terdapat obat untuk segala macam penyakit.”

Dua Per Tiga Al-Qur’an

Kalau Al-Ikhlas dikatakan punya keistimewaan lantaran setara sepertiga Al-Qur’an. Sementara Ummul Kitab lebih dahsyat lagi karena setara dengan dua per tiga Al-Qur’an. Hal ini dikabarkan Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda, “Surah Al-Fatihah sama dengan dua per tiga Al-Qur’an”.

Artikel MotivasiQu: Sering Merasa Kehilangan Arah Hidup, Inilah Tujuan Hidup dalam Islam Menurut Al-Qur’an

Obat Penyakit Jiwa

Salah satu dari 7 rahasia Ummul Kitab berikutnya adalah dapat menyembuhkan penyakit jiwa semisal ujub, riya, atau sombong. Sebagaimana Ibnul Qayyim menuturkan, manfaat surah Al-Fatihah ini bisa didapatkan melalui ayat yang berbunyi, “Iyya-ka na’budu, wa iyya-ka nasta’in“. “Iyya-ka na’budu” artinya “Hanya kepada-Mu kami menyembah”. Ayat ini menguatkan keyakinan bahwa hanya Allah yang berhak disembah dan dicari ridha-Nya, sehingga kita terhindar dari penyakit riya’.

Sementara kalimat “Iyya-ka nasta’in” yang berarti “Hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan”, akan menyembuhkan penyakit sombong. Kata tersebut menguatkan kita bahwa tidak ada yang bisa kita lakukan tanpa pertolongan Allah.

Menyembuhkan Penyakit Fisik

Abu Said Al-Khudriy menuturkan, serombongan Sahabat Rasulullah pernah diminta meruqyah pembesar sebuah kampung yang tersengat binatang atau terserang demam. Salah seorang sahabat meruqyahnya dengan membacakan surah Al-Fatihah. Kisah ini diriwayatkan dalam hadis riwayat Bukhari-Muslim.

Doa Bagi Orang yang Sudah Meninggal

SahabatQu merasa kangen sama orang tercinta yang sudah meninggal dunia. Jangan lupa, kirimkan Al-Fatihah karena bacaan tersebut menjadi doa terbaik untuknya.

Rasulullah pernah bersabda, “Saat ada salah seorang dari kalian meninggal, janganlah kalian menahannya. Bergegaslah kalian membawanya ke pemakaman. Bacakanlah Al-Fatihah di samping kepalanya” (HR. Baihaqi)

SahabatQu, Itulah 7 rahasia Al-Fatihah. Penting bagi kita untuk mempelajari, memahami, dan membacanya dalam keseharian kita. Semoga kita senantiasa akrab bersahabat dengan surah ini hingga akhir hayat.

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like