Ayat Al-Qur’an Tentang Akhlak

Islam mendorong pemeluknya untuk berakhlak mulia. Allah akan memberikan pahala dan keutamaan besar atas hal tersebut.
Total
0
Shares
Akhlak
sumber: perchance.org
5/5 - (1 vote)

GenQu Media—Islam sangat mendorong pemeluknya untuk berakhlak mulia dan menjauhi perilaku buruk. Allah akan memberikan pahala dan keutamaan besar atas hal tersebut. Lantas bagaimanakah akhlak dijelaskan dalam ayat-ayat Al-Quran?

Beberapa ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang akhlak dan menjelaskan keutamaannya sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Atef Abdul Maqsud Al-Fayyumi dalam “Dakwah Al-Qur’an terhadap Keutamaan dan Kebajikan Akhlak” yang dikutip Majid Abu Tha’ah dilansir dari ayatmnalquran.com sebagai berikut:

Setia pada Janji

  • Penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Isra: 34)
  • Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan-seruan itu. (QS. Al-Maidah: 1)
  • Orang-orang yang memelihara amanah-amana dan janjinya. (QS. Al-Ma’arij: 32)

Larangan Berkata Tanpa Ilmu

  • Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya. (QS. Al-Isra: 36)
  • Janganlah kamu mengatakan bohong dengan menggunakan lisana kamu: “Ini halal dan itu haram,” untuk membuat-buat kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang membuat-buat kebohongan terhadap Allah, tidak akan berhasil. (QS. An-Nahl: 116)

Larangan Berjalan dengan Sombong

Janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali tidak akan mencapai tinggi gunung.

(QS. Al-Isra: 37)

Larangan Boros, Pelit, dan Kikir

  • Berikanlah hak anak-anak qurba, orang miskin, dan ibnu sabil. Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) dengan boros. Sesungguhnya pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan, dan setan itu adalah sangat tidak tahu berterima kasih kepada Tuhannya. (QS. Al-Isra: 26-27)
  • Janganlah kamu menjadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu mengulurkannya sepanjang penguluran kepenuhan, karena nanti kamu duduk tercela dan terhina. (QS. Al-Isra: 29)

Berlaku Adil dalam Segala Keadaan

  • Apabila kamu berbicara, hendaklah kamu berlaku adil, walaupun kepada kaum kerabatmu. (QS. Al-An’am: 152)
  • Janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena itu lebih dekat kepada takwa. (QS. Al-Maidah: 8)
  • Sesungguhnya Allah menyuruh berlaku adil, berbuat baik, dan memberi kepada kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran, dan kezaliman. (QS. An-Nahl: 90)
  • (Dan aku diperintahkan untuk berlaku adil di antara kamu). (QS. Ash-Shura: 15)

Berkerja Sama dalam Kebaikan dan Ketakwaan

Tolong-menolonglah kamu dalam kebajikan dan takwa, dan janganlah tolong-menolong dalam dosa dan pelanggaran).

(QS. Al-Maidah: 2)

Larangan Berbuat Zalim

  • Itu adalah batasan-batasan Allah, maka janganlah melanggarnya. Barangsiapa yang melanggar batasan-batasan Allah, maka mereka itulah orang-orang zalim. (QS. Al-Baqarah: 229)
  • Orang-orang zalim tidak akan memperoleh penolong. (QS. Al-Maidah: 72)

Perintah Bersikap Jujur

  • Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur. (QS. At-Taubah: 119)
  • Katakanlah: “Ya Tuhanku, masukkanlah aku ke dalam masuk yang benar dan keluarkanlah aku dari keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau suatu pertolongan.” (QS. Al-Isra: 80)

Larangan Berbohong

  • Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang yang melampau batas lagi pendusta. (QS. Ghafir: 28)
  • Maka disusul-Nya mereka dengan kebencian dalam hati mereka sampai hari mereka bertemu dengan-Nya, karena mereka telah melanggar janji Allah terhadap mereka dan karena mereka selalu berdusta. (QS. At-Taubah: 77)

Sabar dan Rida atas Qada dan Qadar

  • Sesungguhnya Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Innalillahi wa inna ilaihi raji’un.” Mereka itulah yang mendapat keberkahan dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqarah: 155-157)
  • Orang-orang yang sabar dalam kesulitan, penderitaan, dan saat peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (QS. Al-Baqarah: 177)
  • Itulah yang akan mendapat balasan yang terbaik, yaitu surga; mereka akan kekal di dalamnya, dan mereka akan mendapat tempat bertemu yang baik. (QS. Al-Furqan: 75)

SahabatQu, itulah sebagian ayat-ayat Al-Quran tentang akhlak. Semoga dengan membaca dan merenungi ayat-ayat tersebut SahabatQu bisa mengaplikasikan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Amin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like