Ayat Al-Qur’an tentang Bersyukur

5/5 - (3 votes)

GenQu Media—Hidup ini adalah anugerah terindah yang Allah berikan. Sebagai hamba Allah, sudah sepantasnya manusia mensyukuri segala kenikmatan yang Dia berikan. Sebaik-baik hamba adalah mereka yang pandai bersyukur.

Allah memerintahkan hamba-Nya agar banyak bersyukur. Banyak ayat dalam Al-Qur’an yang membahas tentang hal itu. Sebagaimana dilansir dari ayatmnalquran.com, simaklah ayat-ayat berikut,

Perintah Bersyukur dalam Al-Qur’an

  1. “Maka ingatlah kamu kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar.” (QS. Al-Baqarah: 152)
  2. “Bersyukurlah kepada Allah jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah: 172)
  3. “Ingatlah ketika Tuhanmu mengumumkan: ‘Jika kamu bersyukur, pasti Aku akan menambah nikmat-Ku kepadamu.'” (QS. Ibrahim: 7)
  4. “Dia-lah yang menundukkan laut untuk kamu supaya kamu dapat makan daging segar darinya, dan untuk mengeluarkan dari laut barang-barang yang dapat kamu pakai. Dan kamu melihat kapal-kapal berlayar di laut dengan memanfaatkan nikmat-Nya, agar kamu bersyukur.” (QS. An-Nahl: 14)
  5. “Allah yang mengeluarkan kamu dari perut ibu-ibu kamu, sedang kamu tidak mengetahui apa-apa. Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati, agar kamu bersyukur.” (QS. An-Nahl: 78)
  6. “Siapa saja yang yang menghendaki akhirat dan berusaha untuk itu dengan sungguh-sungguh, sambil beriman, maka usahanya itu adalah diterima (oleh Allah).” (QS Al-Isra: 19)
  7. “Kami ajarkan kepadanya keterampilan pembuatan baju untuk melindungi kamu dari bahaya-bahaya di daratan. Maka apakah kamu bersyukur?” (QS. Al-Anbiya: 80)
  8. “Siapa yang bersyukur, sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri. Siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Tuhan-Ku Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. An-Naml: 40)
  9. “Sebagai rahmat-Nya Dia jadikan malam dan siang untuk kamu beristirahat di dalamnya, dan untuk mencari sebagian dari karunia-Nya, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Qashash: 73)

Perintah Bersyukur dalam Ayat Lainnya

  1. “Sesungguhnya Kami telah memberikan hikmah kepada Luqman, ‘Bersyukurlah kepada Allah. Siapa saja yang bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan siapa saja yang ingkar, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya, Maha Terpuji.'” (QS. Luqman: 12)
  2. “Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah pula. Pembawaannya (dalam kandungan) dan pemisahannya (dari kandungan) tiga puluh bulan. Sehingga tatkala ia mencapai usia dewasa dan mencapai umur empat puluh tahun, ia berdoa, ‘Ya Tuhanku, berilah aku kekuatan dan kebijaksanaan untuk menjalankan kewajibanku kepada-Mu, dan berilah kebaikan kepada ibu-bapakku. Sesungguhnya aku bertobat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.'” (QS. Al-Ahqaf: 15)
  3. “Keluarga Daud, bekerja dengan penuh rasa syukur, sedangkan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang benar-benar bersyukur.” (QS. Saba’: 13)
  4. “Makanlah sebagian rezeki yang telah diberikan Tuhanmu kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Nya.” (QS. Saba’: 15)
  5. “Keduanya tidak sama, air laut ini tawar segar, yang dapat kamu minum, dan ini lagi asin payau. Dari keduanya kamu dapat mengambil daging yang lezat untuk dimakan dan kamu dapat mengeluarkan dari keduanya perhiasan yang kamu pakai. Kamu melihat kapal-kapal berlayar di dalamnya dengan melimpah nikmat-Nya, agar kamu bersyukur.” (QS. Fatir: 12)
  6. “Supaya mereka makan buah-buahan (yang diberikan) kepadanya dan buatan tangan mereka sendiri. Maka mengapa mereka tidak bersyukur?” (QS. Yasin: 35)
  7. “Mereka memperoleh manfaat dan minuman dari padanya. Maka mengapa mereka tidak bersyukur?” (QS. Yasin: 73)
  8. “Allah-lah yang menundukkan laut untuk kamu, supaya kapal-kapal berlayar di dalamnya dengan izin-Nya, dan agar kamu mencari sebagian dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Jatsiyah: 12)
  9. “Jika Kami menghendaki, niscaya Kami jadikan air laut itu asin (tidak dapat diminum), maka mengapa kamu tidak bersyukur?” (QS. Al-Waqi’ah: 70)

Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Bersyukur Para Nabi

Berikut adalah beberapa firman Allah yang menggambarkan bagaimana para nabi bersyukur kepada Allah:

  1. “(Ketika Yusuf berkata) ‘Aaku mengikuti agama nenek moyangku, yakni Ibrahim, Ishaq, dan Ya’qub. Tidaklah patut bagi kami mempersekutukan Allah dengan sesuatu pun. Itulah sebagian dari karunia Allah kepada kami dan kepada umat manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.'” (QS. Yusuf: 38)
  2. “(Ingatlah) ketika Ibrahim diuji oleh Tuhan-Nya dengan beberapa perintah, maka dia menunaikannya. Allah berfirman kepadanya, ‘Sesungguhnya Aku menjadikanmu imam bagi manusia.’ Ibrahim berkata, ‘Dan keturunanku juga?’ Allah berfirman, ‘Janji-Ku tidak mencakup orang-orang yang zalim.'” (QS. Al-Baqarah: 124)
  3. “(Allah berfirman tentang keturunan Nuh) ‘Yaitu orang-orang yang Kami bawa bersama Nuh. Sesungguhnya dia adalah hamba yang bersyukur.'” (QS. Al-Isra: 3)
  4. “(Nuh berdoa) ‘Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan untuk berbuat amal saleh yang Engkau ridai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.'” (QS. An-Naml: 19)

Ayat-Ayat Al-Qur’an tentang Lupa Bersyukur

  1. “(Allah berfirman) ‘Dan sesungguhnya Kami telah mengokohkan kamu di muka bumi ini dan telah menjadikan untuk kamu di dalamnya mata pencaharian yang sedikit. Bagaimana kamu bersyukur?'” (QS. Al-A’raf: 10)
  2. “(Allah berfirman tentang orang-orang kafir) ‘Kemudian Kami datangkan kepada mereka dari arah depan mereka, dari arah belakang mereka, dan dari sisi kanan dan dari sisi kiri mereka, dan engkau tidak akan mendapati kebanyakan dari mereka bersyukur.'” (QS. Al-A’raf: 17)
  3. “(Nabi Yunus berdoa ketika di dalam perut ikan) ‘Maka ketika dia berserah diri, sambil bersyukur, Kami pun menyelamatkannya dari kesulitan itu. Dan begitu pula Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.'” (QS. As-Saffat: 143-148)
  4. “(Allah berfirman) ‘Sesungguhnya Allah melimpahkan nikmat-Nya kepada manusia, tetapi kebanyakan mereka tidak bersyukur.'” (QS. Yunus: 60)
  5. “(Allah berfirman) ‘Sesungguhnya Tuhanmu melimpahkan nikmat kepada manusia, tetapi kebanyakan mereka tidak bersyukur.'” (QS. An-Naml: 73)
  6. “(Allah berfirman) ‘Allah-lah yang menjadikan untukmu malam supaya kamu dapat beristirahat di dalamnya dan siang yang terang benderang. Sesungguhnya Allah melimpahkan karunia kepada manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.'” (QS. Ghafir: 61)
  7. “(Allah berfirman) ‘Allah-lah yang menjadikan untukmu pendengaran, penglihatan, dan hati. Betapa sedikit kamu bersyukur.'” (QS. As-Sajdah: 9)

SahabatQu, demikianlah ayat-ayat tentang bersyukur. Semoga kita senantiasa menjadi hamba yang selalu bersyukur.

Leave a Comment