Ayat Al-Qur’an Tentang Isra Mikraj

Al-Qur’an menyebutkan peristiwa Isra dan Mikraj dalam surah Isra dan An-Najm, disamping juga disebutkan dalam banyak hadis Bukhari dan Muslim.
Total
0
Shares
Isra dan Mikraj
sumber: perchance.org
5/5 - (2 votes)

GenQu Media—Peristiwa Isra dan Mikraj menjadi salah satu mukjizat Nabi Muhammad saw yang luar biasa. Kejadian luar biasa ini diungkap dalam Al-Qur’an. Untuk memahami lebih jauh mengenai peristiwa ini, kaum muslim tentunya mencari informasi Isra Mikraj melalui ayat-ayat Al-Qur’an.

Isra dan mikraj juga dianggap sebagai penghormatan dan kehormatan bagi Rasulullah saw. Simak penjelasan detailnya sebagaimana dilansir dari al-Ain.com

Isra dan Mikraj dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an secara jelas mengambil peristiwa Isra dan Mikraj dalam surah Isra dan An-Najm, disamping juga disebutkan dalam banyak hadis-hadis yang tercatat dalam Bukhari dan Muslim. Allah Ta’ala berfirman:

  1. Surah al-Isra’ (17: 1): “Mahasuci Tuhan yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda Kami.
  2. Surah an-Najm (53: 11-18): “Hatinya tidak mendustakan apa yang dilihatnya. Maka, apakah kamu akan mendebatkannya terhadapnya tentang apa yang dilihatnya itu? Dan sesungguhnya dia telah melihatnya pada penglihatan yang lain, di sisi Sidratul Muntaha, di sampingnya terdapat surga tempat perhentian. Ketika Sidratul Muntaha itu ditutupi oleh apa yang menutupinya, pandangan tidak meleset dan tidak melampaui batas. Sesungguhnya dia telah melihat sebagian tanda-tanda besar dari Tuhannya.”

Ayat-Ayat Isra dan Mikraj dalam Al-Qur’an

Salah satu ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang peristiwa Isra adalah surah al-Isra’ ayat 1, ayat ini menyebutkan peristiwa Isra yang berarti perjalanan malam, baik secara vertikal maupun horizontal, dan beberapa riwayat menyebutkan bahwa Masjidil Aqsa berada di langit.

Allah swt. berfirman:

"Mahasuci Tuhan yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda Kami."

Mengapa Mikraj tidak disebutkan dalam Al-Qur’an

Tidak ada keraguan tentang terjadinya peristiwa Isra, karena peristiwa ini disebutkan secara langsung dalam Al-Qur’an. Namun, beberapa orang meragukan peristiwa Mikraj karena tidak disebutkan secara eksplisit dalam Al-Qur’an. Namun, banyak hadis Nabi yang menguatkan peristiwa ini, dan juga disebutkan dalam surah An-Najm dengan jelas.

Peristiwa Mikraj dalam Surah an-Najm

Surah An-Najm membahas peristiwa Mikraj yang dialami oleh Rasulullah saw., ketika beliau diangkat ke langit oleh Allah. Allah swt. berfirman:

"Hatinya tidak mendustakan apa yang dilihatnya. Maka, apakah kamu akan mendebatkannya terhadapnya tentang apa yang dilihatnya itu? Dan sesungguhnya dia telah melihatnya pada penglihatan yang lain, di sisi Sidratul Muntaha, di sampingnya terdapat surga tempat perhentian. Ketika Sidratul Muntaha itu ditutupi oleh apa yang menutupinya, pandangan tidak meleset dan tidak melampaui batas. Sesungguhnya dia telah melihat sebagian tanda-tanda besar dari Tuhannya."

Apakah Buraq disebutkan dalam Al-Qur’an

Buraq tidak disebutkan dalam Al-Qur’an, tetapi disebutkan dalam hadis Isra dan Mikraj yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam sahih mereka dan sumber-sumber lainnya. Sebagaimana yang terdapat dalam hadis riwayat muslim:

“Kemudian, aku dihadapkan pada binatang yang disebut Buraq, lebih tinggi dari keledai dan lebih rendah dari bagal, setiap langkahnya mencakup pandangan, aku menaikkannya, dan kemudian kami melanjutkan perjalanan.”

Ada banyak bukti tentang terjadinya peristiwa Isra Mikraj dalam Al-Qur’an, yang juga dikuatkan oleh beberapa hadis Nabi saw. Semua ini menjadi penegas atas ucapan Rasulullah saw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like