Ayat Al-Qur’an tentang Kehidupan

5/5 - (1 vote)

GenQu Media—Di dalam Al-Quran terdapat banyak ayat yang membahas tentang kehidupan. Ayat-ayat tersebut menjadi bekal dan pedoman bagi manusia dalam mengarungi kehidupan di di dunia maupun di akhirat.

Seperti apakah ayat-ayat Al-Qur’an tentang kehidupan dunia dan akhirat? Sebagaimana GenQu Media lansir dari mawdoo3.com, simak penjelasan berikut ini.

Kehidupan Dunia

Dalam Al-Quran, terdapat banyak ayat suci yang menyebutkan kata “dunia”, seperti kehidupan dunia dan istilah lainnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261)
  2. “Mereka inilah orang-orang yang mengajukan dalil-dalilnya di dunia, dan siapakah yang akan mengajukan (melawan) Allah di hari Kiamat? Atau siapakah yang akan menjadi penjamin atas mereka?” (QS. An-Nisa: 41)
  3. “Sesungguhnya orang-orang yang menyembah anak lembu, murka Allah akan menimpa mereka dan akan mendapat kehinaan di dunia ini; demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang mengada-adakan (tuhan-tuhan) selain Allah.” (QS. Al-A’raf: 152)
  4. “Dan mereka berkata, ‘Hidup ini tidak lain hanyalah kehidupan duniawi, kita hidup dan mati; dan tidak ada yang membinasakan kita selain waktu.’ Tetapi mereka tidak memiliki pengetahuan tentang hal itu, mereka hanya menduga-duga.” (QS. Al-Jatsiyah: 24)
  5. “Kekayaan mereka dan anak-anak mereka janganlah membuatmu kagum; sesungguhnya Allah bermaksud untuk menyiksa mereka dengannya di dunia, dan jiwa mereka akan keluar dalam keadaan kafir.” (QS. At-Taubah: 55)
  6. “Sesungguhnya orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami dan lebih menyenangi kehidupan dunia dan merasa puas dengannya, dan yang melalaikan ayat-ayat Kami.” (QS. Yunus: 7)
  7. “Yang mengikuti keinginannya, maka Dia mengadakan kesesatan baginya dan menempatkannya pada siksa yang pedih di hari kiamat.” (QS. Al-Jatsiyah: 33)
  8. “Dan carilah dengan harta yang diberikan Allah kepadamu negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari dunia ini. Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qasas: 77)

Kehidupan Akhirat

Selain membahas kehidupan dunia, ada pula ayat-ayat Al-Qur’an tentang kehidupan Akhirat. Dalam Al-Quran, terdapat beberapa ayat yang menyebutkan kata “akhirat”, seperti negeri akhirat, siksa akhirat, dan lain-lain. Berikut beberapa contohnya:

  1. “Katakanlah, ‘Jika sorga di sisi Allah untukmu saja, dan bukan untuk orang lain, maka harapkanlah kematian jika kamu adalah orang-orang yang benar’.” (QS. Al-Baqarah: 94)
  2. “Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji Allah dengan harga yang sedikit, mereka tidak memperoleh bagian di akhirat. Dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka, tidak melihat kepada mereka di hari kiamat, dan tidak mensucikan mereka. Dan bagi mereka siksa yang pedih.” (QS. Ali Imran: 77)
  3. “Sesungguhnya dalam hal itu ada tanda bagi orang-orang yang takut akan siksa akhirat. Itulah hari yang dihimpunkan untuk manusia dan itulah hari yang disaksikan.” (QS. Hud: 103)
  4. “Bagi orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, perumpamaan kejahatan (dunia) adalah yang terbaik. Dan bagi Allah perumpamaan yang tinggi. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nahl: 60)
  5. “Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan (kemungkinan) pertemuan dengan akhirat, amal perbuatan mereka sia-sia. Mampukah mereka diberi balasan selain dari apa yang mereka kerjakan?” (QS. Al-A’raf: 147)
  6. “Dan barangsiapa yang menghendaki akhirat dan berusaha untuk itu dengan sungguh-sungguh, sedang dia orang yang beriman, maka usahanya itu kelak akan diterima dengan baik.” (QS. Al-Isra: 19)

Dunia dan Akhirat

Bagaimanapun, bagi seorang muslim kehidupan dunia dan akhirat adalah rangkaian tak terpisahkan yang akan dialami dalam fase kehidupan mereka. Karena itu, ada pula ayat-ayat Al-Qur’an tentang kehidupan dunia dan akhirat secara bersamaan. Dalam Al-Quran, terdapat banyak ayat yang menyebutkan kata “kehidupan” dan “dunia”. Berikut beberapa di antaranya:

  1. “Wahai orang-orang yang beriman, mengapa ketika dikatakan kepadamu, ‘Berangkatlah untuk berperang di jalan Allah’, kamu merasa lekat kepada bumi? Apakah kamu lebih menyukai kehidupan dunia daripada akhirat? Padahal kenikmatan hidup dunia hanyalah sedikit dibandingkan dengan akhirat.” (QS. At-Taubah: 38)
  2. “Apabila kamu telah menyelesaikan kewajibanmu dalam ibadah haji, maka ingatlah Allah sebagaimana kamu mengingat nenek moyangmu atau bahkan lebih dari itu. Tetapi di antara manusia ada yang berkata, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kesenangan di dunia’, padahal baginya tidak ada bagian di akhirat.” (QS. Al-Baqarah: 200)
  3. “Kehidupan dunia itu hanyalah kesenangan yang semu dan permainan belaka. Dan sesungguhnya akhirat itu adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (QS. Al-An’am: 32)
  4. “Mereka mendapat balasan dari Allah di dunia dan balasan yang baik di akhirat. Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Ali Imran: 148)
  5. “Orang-orang yang lebih menyukai kehidupan dunia daripada akhirat, yang menghalangi (manusia) dari jalan Allah, dan menginginkannya menjadi bengkok, mereka berada dalam kesesatan yang jauh.” (QS. Ibrahim: 3)

SahabatQu, demikianlah ayat-ayat Al-Qur’an tentang kehidupan dunia dan akhirat. Dengan menelaah ayat-ayat tersebut, semoga iman makin bertambah dan mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat.

Leave a Comment