11 Fungsi Al-Qur’an dalam Kehidupan

Kasih bintang post

GenQu MediaSahabatQu, sebagai Sang Khaliq, pencipta alam semesta termasuk kita umat manusia, Allah telah mengabadikan pesan-pesan cinta-Nya lewat untaian kalam-Nya yang terangkum dalam Al-Qur’an.

So, lewat Al-Qur’an Dia hendak menunjukkan betapa sayangnya Sang Khaliq kepada kita sehingga memberikan panduan yang superlengkap dan paripurna.

Nah, agar kita makin paham bagaimana fungsi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, berikut GenQuMedia.com sajikan 11 fungsi utamanya. 

Sumber Utama Ajaran Islam

Kalau ini SahabatQu ini pada mafhum kan ya kenapa disebut sebagai sumber utama ajaran Islam?

Al-Qur’an memang sumber pertama dan paling utama dalam agama Islam. Rasulullah saw. senantiasa mengingatkan kita lewat hadis yang diriwayatkan Imam Malik, bahwa beliau meninggalkan 2 perkara yang membuat kita takkan pernah tersesat jika berpegang teguh kepada keduanya, yakni Al-Qur’an dan Sunnah.

Lantaran jadi sumber utama, makanya Al-Qur’an menginspirasi hadirnya sumber rujukan Islam lainnya seperti Sunnah Rasulullah Saw atau hadis dan ijmak (Kesepakatan) ulama. Baik sunnah maupun ijmak sebenarnya merupakan upaya lebih jauh untuk mengejawantahkan berbagai hukum atau perkara yang tidak dijelaskan secara detail dalam Al-Qur’an.

Baca Juga: Sering Merasa Kehilangan Arah Hidup, Inilah Tujuan Hidup dalam Islam Menurut Al-Qur’an

Panduan Hidup Umat Manusia (Petunjuk)

Allah swt. mengingatkan kita melalui surah Al-Baqarah ayat 185. Dalam ayat tersebut sangat benderang dijelaskan bahwa fungsi Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia.

Allah katakan Al-Quran itu Hudan linnaas, petunjuk bagi umat manusia. So, bukan petunjuk khusus buat muslim aja, tapi universal bagi seluruh manusia.

Inspirasi dan Sumber Ilmu Pengetahuan

Banyak ayat Al-Qur’an yang memantik penemuan sains. Sepanjang sejarah, kita saksikan Al-Qur’an selalu sejalan dengan sains dan tidak ada pertentangan antara keduanya. 

Al-Qur’an sangat mungkin dibuktikan kebenarannya oleh sains sekaligus memberikan ruang kepada kita untuk melakukan eksplorasi sains dengan spirit qur’ani. 

Coba SahabatQu buka surah Al-Mulk ayat 3. Kalau kita resapi terjemahannya, ayat tersebut mengajak kita untuk mentadaburi alam semesta, salah satunya dengan mengeksplorasi sains dalam penciptaan 7 lapis langit.

Al-Furqan, Pembeda Antara Haq dan Batil

SahabatQu, tanpa Al-Qur’an, sulit buat kita untuk bisa membedakan mana jalan hidup yang benar dan mana jalan hidup yang salah. Dengan Al-Qur’an, pikiran dan jiwa kita jadi benderang sehingga mampu membedakan jalan lurus (benar) dan jalan bengkok (salah).

Allah dengan gamblang nyatakan hal ini dalam surah Al-Furqaan ayat pertama.

Pelajaran atau Nasihat

Di dalam Al-Qur’an, kita akan banyak menemukan pelajaran dan nasihat yang sangat berharga yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran dan nasihat tersebut disajikan bisa dalam bentuk kisah-kisah yang nyata terjadi di masa lalu maupun tamsil (perumpamaan).

Dalam surah Al-Qamar ayat 23, Allah jelaskan bahwa Dia telah memudahkan Al-Quran untuk menjadi peringatan, tinggal apakah kita mau menngambilnta sebagai pelajaran?

Artikel FYI: 7 Kunci Rahasia Surah Al-Fatihah, Manfaat Banget Dunia-Akhirat

Penyembuh Segala Macam Penyakit

Fungsi Al-Qur'an dalam Kehidupan
sumber: pexels.com

Al-Qur’an diturunkan untuk umat manusia sebagai obat bagi segala macam penyakit, mulai dari penyakit fisik hingga nonfisik (psikologis). SahabatQu, mengenai fungsi Al-Qur’an sebagai obat, bisa dicek lebih jauh dalam surah Yunus ayat 57.

Kalau tubuhmu lemah dan ringkih, Al-Qur’an mampu menjadikanmu kukuh dan kuat sebagaimana Al-Qur’an mampu membuat kertas yang bukan apa-apa menjadi amat mulia dengan diciumi dan dimuliakan berjuta manusia lantaran ditulis ayat-ayat dan menjadi lembaran mushaf yang mulia.

Jika sedih, obatnya ada di Al-Qur’an. Jika kamu merasa tak berdaya, kalam-Nya mampu menjadikanmu insan berjaya.

Peraturan Hidup Umat Manusia

Al-Qur’an menjadi panduan hidup umat manusia. Dalam surah Ar-Ra’d ayat 37, Allah sebut kalam-Nya sebagai peraturan yang benar yang diturunkan dalam bahasa Arab.

Bila kita selama ini mengenal berbagai peradaban umat manusia dengan berbagai kode hukum yang dibuat oleh raja atau penguasanya, dari situ kita memahami peraturan hidup yang berlaku seringkali cenderung memihak kepada penguasa dan menindas rakyat. 

Sebaliknya, karena peraturan dalam kitab suci umat Islam itu adalah buatan Allah yang tidak punya ‘kepentingan’, aturan yang berlaku sangat adil untuk semua kalangan dan berlaku universal hingga hari kiamat.

Cahaya Kebenaran

SahabatQu, Allah swt. sebut kalam-Nya sebagai cahaya yang terang benderang dalam surah An-nisa ayat 174.

Dunia menjadi amat gelap tanpa kehadiran al-Quran. Dunia akan hancur binasa tanpa diterapkannya Al-Qur’an. Bayangkanlah dunia sebelum turunnya kalamullah. Dahulu Makkah dikotori budaya jahiliyah. 

Bahkan, Ka’bah dinodai oleh ratusan berhala. Dunia hancur akibat rusaknya sistem kehidupan yang diterapkan 2 negara superpower Romawi dan Persia. 

Namun, nasib dunia berubah secara drastis ketika Allah mengutus Nabi Muhammad saw. dengan membawa risalah Islam yang sumbernya adalah Al-Qur’an. Peradaban dunia berganti peradaban yang penuh cahaya.

Artikel Lainnya: 10 Masjid Terunik di Dunia, Punya Jejak Sejarah dengan Arsitektur Megah & Indah

Al-’Urwah al-Wutsqa (Tali Penguat)

Tidak ada tali yang lebih kuat sebagai pegangan kecuali hanya Al-Qur’an. Tali jenis lain tidaklah kuat, cenderung rapuh sehingga mudah putus. 

Sementara berpegang kepada kalamullah selamanya akan selamat dan takkan pernah celaka. Allah sebutkan hal ini dalam surah Al-Baqarah ayat 256.

Pemberi Keputusan yang Adil (Al-‘Adl)

Tidak ada satu pun hukum yang termaktub dalam Al-Qur’an yang tidak adil. Sebab, memang Allah sendiri yang menjamin bahwa kitab suci yang merupakan mukjizat terbesar sepanjang zama itu benar dan adil sebagaimana disebutkan dalam surah Al-An’am ayat 115.

Jika kita mencoba memahaminya dengan kacamata iman dan hati ikhlas, semua peraturannya jika diterapkan akan terasa adil. Makna adil di sini tentu perlu kita pahami bukan adil dari sudut pandang manusia, tetapi adil menurut Allah swt.

Solusi Segala Permasalahan Hidup

SahabatQu, kalau kamu merasa kalut, coba pahami dan resapi kitab suci. Di sana kamu akan temukan solusi tepat untuk segala permasalahan hidupmu. Sebab, di sana kamu akan temukan segala hal dan segala solusi sebagaimana Allah firmankan dalam surah An-Nahl ayat 89.

Nah, itulah 11 fungsi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Semoga SahabatQu bisa mengingatnya dan bisa merasakan keakraban dengan kitab suci ini. 

GenQu Media senantiasa menjadi sahabat literasi terbaikmu untuk membersamai kalamullah. Selamat membaca dan asyik berlama-lama bercengkrama dengannya.

Leave a Comment