7 Keutamaan Bulan Muharram & Amalan yang Dianjurkan

Kasih bintang post

GenQu Media—Bulan Muharram, sebagai bulan pertama dalam kalender hijriyah, memiliki makna penting dan keutamaan tersendiri bagi umat Islam. Salah satu momen penting dalam sejarah Islam terjadi pada bulan ini, yaitu hijrahnya Nabi Muhammad saw. dari Makkah ke Madinah. Tak hanya itu, tanggal 10 Muharram (Asyura) menjadi hari yang istimewa, suatu hari yang istimewa.

Bulan Muharram selalu disambut dengan suka cita oleh umat Islam di seluruh dunia, dan banyak amalan dianjurkan untuk dilakukan selama bulan ini. Mari SahabatQu eksplor lebih jauh mengenai beberapa keutamaan bulan Muharram dan amalan-amalan yang dianjurkan:

Bulan Istimewa Bagi Para Nabi

SahabatQu, seperti apakah keutamaan bulan Muharram bagi para nabi? Nah, ternyata bulan Muharram memiliki peristiwa bersejarah yang penting bagi para nabi:

  1. Nabi Adam as. dan Hawa diciptakan oleh Allah.
  2. Nabi Idris diangkat derajatnya di bulan Muharram.
  3. Nabi Nuh diselamatkan dari bencana banjir.
  4. Nabi Ibrahim diselamatkan dari api yang hampir merenggut nyawanya.
  5. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara usai difitnah.
  6. Nabi Yaqub mendapatkan kembali penglihatannya setelah lama hilang.
  7. Nabi Ayyub sembuh dari penyakit kulit bernanah.
  8. Pada tanggal 10 Muharram, Nabi Musa diselamatkan dari kejaran Fir’aun.
  9. Nabi Yunus keluar dari perut ikan setelah bertahan selama 40 hari.
  10. Nabi Muhammad saw. melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah.

Artikel FYI: 9 Ulama Perawi Hadis dan Kitabnya yang Legendaris

Termasuk Bulan yang Mulia

Berdasarkan sabda Rasulullah saw. bahwa dalam Islam terdapat empat bulan yang sangat mulia, dikenal sebagai bulan haram atau asyhurul hurum, salah satunya adalah Muharram. Selain Muharram, bulan-bulan tersebut adalah Dzulhijjah, Rajab, dan Dzulqa’dah.Dalam bulan-bulan ini, umat Islam diharamkan untuk berperang dan lebih dianjurkan untuk melaksanakan amal kebajikan.

Terdapat Hari Asyura

Hari Asyura (10 Muharram) memiliki posisi yang sangat penting dalam sejarah Islam karena berbagai peristiwa bersejarah terjadi pada hari tersebut. Untuk menghormati hari Asyura, umat Islam disunahkan berpuasa pada tanggal 10 Muharram dan juga disunnahkan berpuasa sehari sebelumnya, yaitu tanggal 9 Muharram yang disebut puasa Tasu’a.

Puasa Terbaik Setelah Bulan Ramadan

Rasulullah saw telah menyebutkan bahwa puasa di bulan Muharram adalah ibadah puasa terbaik setelah bulan Ramadan. Jadi, berpuasa di bulan Muharram memberikan kesempatan yang istimewa bagi umat Islam untuk mendapatkan pahala yang besar.

Dilipatgandakan Pahala

Ibadah yang dilakukan selama bulan Muharram akan mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah. Oleh karena itu, bulan ini menjadi kesempatan emas untuk meningkatkan ibadah dan amalan kebaikan.

Artikel MotivasiQu: Cara Rasulullah Menghilangkan Kesedihan

Perhitungan Dosa juga Dilipatgandakan

Seperti pahala, dosa yang dilakukan selama bulan Muharram juga akan dilipatgandakan. Sebagai umat Islam, penting untuk berhati-hati dan selalu berusaha untuk menghindari dosa serta memperbanyak amalan kebaikan.

Bulan Pertama dalam Penanggalan Hijrah

Bulan Muharram menjadi bulan pertama dalam penanggalan hijriyah, yang dimulai dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Oleh karena itu, bulan Muharram menjadi waktu yang tepat untuk merenungkan dan merencanakan perubahan positif dalam hidup.

Amalan yang Dianjurkan pada Bulan Muharram

SahabatQu, setelah mengetahui keutamaan bulan Muharram, lantas amalan apakah yang dianjurkan untuk dilakukan?

Pada bulan Muharram, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan berbagai amalan yang telah diakui dan disarankan oleh para ulama.

Artikel StoryQu: Asyura: Hari Pertobatan Nabi Adam dan Hikmahnya yang Berharga

Amalan-amalan ini membawa keberkahan bagi mereka yang menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Berikut adalah 12 amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim dalam bulan Muharram, seperti dikutip dari NU Online:

Melakukan Shalat

Shalat merupakan kewajiban yang tidak dapat diabaikan bagi setiap muslim. Di bulan Muharram, melaksanakan shalat dengan penuh khusyuk dapat membawa lebih banyak keberkahan.

Berpuasa

Puasa adalah ibadah yang amat dianjurkan, tidak hanya pada bulan Ramadan, tetapi juga di bulan Muharram. Dengan berpuasa, umat Muslim dapat mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan kesabaran serta ketakwaan.

Menyambung Silaturahim

Mempererat tali silaturahim adalah amalan mulia dalam Islam. Bulan Muharram menjadi momen yang tepat untuk menjalin hubungan baik dengan keluarga, tetangga, dan sahabat.

Bersedekah

Bersedekah adalah amalan yang memperlihatkan kepedulian kita terhadap sesama. Sekecil apapun amal kebaikan yang disumbangkan dapat memberikan manfaat besar bagi yang membutuhkan.

Mandi

Mandi adalah amalan suci yang harus dilakukan sebelum melaksanakan ibadah tertentu. Membersihkan diri dengan mandi adalah bentuk persiapan spiritual dan ketaatan.

Memakai Celak Mata

Meskipun kelihatannya sepele, memakai celak mata memiliki nilai sunah dalam Islam dan dipercaya dapat memberikan berkah.

Berziarah ke makam Ulama

Ziarah ke makam ulama yang telah berpulang merupakan wujud penghormatan dan apresiasi atas jasa-jasa mereka dalam menyebarkan ilmu agama.

Menjenguk Orang Sakit

Menjenguk orang yang sedang sakit adalah bentuk kasih sayang dan dukungan emosional yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Menambah Nafkah Keluarga

Berusaha untuk meningkatkan penghasilan dan memberikan nafkah yang lebih baik bagi keluarga merupakan amalan mulia yang dilakukan dengan ikhlas.

Memotong Kuku

Merawat tubuh termasuk memotong kuku adalah praktik yang dianjurkan dalam Islam untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Mengusap Kepala Anak Yatim

Berbuat baik kepada anak yatim adalah salah satu bentuk ibadah dan mendapatkan keridhaan Allah.

Membaca Surah Al-Ikhlas

Surah Al-Ikhlas adalah salah satu surah pendek dalam Al-Quran yang memiliki nilai pahala besar. Membacanya sebanyak 1.000 kali di bulan Muharram dapat mendatangkan keberkahan dan ampunan.

Jadi, dengan mengenali keutamaan bulan Muharram dan melaksanakan amalan-amalan yang dianjurkan, kita dapat menjadikan bulan ini sebagai ladang pahala yang subur bagi kebaikan kita. Semoga bulan Muharram ini membawa berkah dan keberkahan bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Leave a Comment