5 Keutamaan Surah Al-Mulk, Menyingkap Rahasia & Manfaatnya

Banyak ulama dan ahli tafsir yang mengkaji dengan mendalam berbagai keutamaan yang terkandung dalam Surah Al-Mulk ini.
Total
1
Shares
Keutamaan Surah Al-Mulk
sumber: pexels.com
Kasih bintang post

GenQu Media—Surah Al-Mulk adalah surah ke-67 dan menjadi awal Juz 29. Al-Mulk artinya kerajaan. Surat ini terdiri atas 30 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Banyak ulama dan ahli tafsir yang mengkaji dengan mendalam berbagai keutamaan yang terkandung dalam Surah Al-Mulk ini.

Intisari Surah Al-Mulk

Apa saja yang Allah bahas dalam Surah Al-Mulk? Berikut adalah intisari dari Surat Al-Mulk:

  • Penjelasan bahwa hidup dan mati merupakan ujian bagi manusia;
  • Pemahaman tentang penciptaan Allah yang melibatkan langit dan bumi yang berlapis-lapis, serta keberadaan keseimbangan dalam semua ciptaan-Nya;
  • Perintah Allah untuk mengamati keajaiban alam semesta;
  • Pemberitahuan mengenai ancaman azab Allah terhadap orang-orang kafir;
  • Pemahaman bahwa Allah telah membentuk bumi dengan cara yang memudahkan umat manusia untuk memperoleh rezeki;
  • Peringatan Allah kepada manusia tentang sedikitnya orang yang benar-benar bersyukur atas nikmat-nikmat Allah;
  • Janji Allah kepada orang-orang beriman.

Artikel FYP: Islamofobia Kembali Terulang, Akankah Selesai dengan Kecaman?

Rahasia Keutamaan Surah Al-Mulk

SahabatQu, Surah Al-Mulk memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Sebagaimana dikutip dari Abusyuja.com, inilah 5 keutamaan Surah Al-Mulk:

Penghargaan Khusus untuk Nabi Muhammad

Surah Al-Mulk diberikan Allah kepada Nabi Muhammad sebagai penghargaan khusus. Penghargaan tersbeut dikenal dengan istilah “Al-Mufashshal,” kepada Nabi Muhammad saw. Hal ini memberikan beliau kedudukan yang istimewa di antara para nabi sebelumnya.

Jaminan Keamanan dari Allah

Membaca surah Al-Mulk sebelum tidur dalam salat sunah atau salat wajib dapat memberikan jaminan keamanan dari Allah. Membaca surah ini menjadikan seseorang berada dalam perlindungan-Nya hingga pagi hari, dan bahkan memberikan perlindungan di hari kiamat serta memperoleh surga.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis, “Barangsiapa yang membaca tabaarakalladzi bi yadihil-mulk (Surah Al-Mulk) di dalam salat maktubah (fardhu/wajib)-nya sebelum tidur, maka ia akan senantiasa dalam jaminan (keamanan) Allah hingga pagi. Dia akan berada dalam keamanan (penjagaan)-Nya di hari kiamat sampai masuk surga.” (Tsawabul A’mal: 148)

Artikel StoryQu: Kenapa Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus?

Perlindungan di Alam Kubur dan Pahala Lailatul Qadar

Keutamaan Surah Al-Mulk lainnya adalah memiliki kekuatan untuk melindungi pembacanya di alam kubur dan memberikan pahala yang setara dengan pahala orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar.

Dikutip dari Tafsirul Burhan (Juz 8: 65), Rasulullah saw. menyebutkan bahwa Surah Al-Mulk, jika dibaca, dapat memberikan perlindungan dari siksa neraka, dan pembacanya akan diberi pahala sebanding dengan orang yang menjalankan ibadah pada malam Lailatul Qadar. Surah ini juga dapat menjadi penghibur bagi pembacanya di dalam kubur, menghindarkan mereka dari berbagai ujian yang sulit di alam kubur, termasuk siksaan kubur. Surah ini akan menjaga mereka sampai saat kebangkitan dan menjadi penolong di hadapan Tuhan, mendekatkan mereka ke surga tanpa kesepian dan kehampaan di alam kubur.

Pelindung dan Penolong bagi Mayit

Surah Al-Mulk dapat digunakan sebagai doa untuk meringankan beban yang menimpa mayit. Membacakan surah ini atas mayit akan mengakibatkan Allah meringankan siksaan yang akan menimpanya.

Rasulullah saw. juga menyampaikan dalam hadis riwayat Ath-Tabrani I/17, bahwa terdapat satu surah dalam Al-Qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat. Surah tersebut memiliki kemampuan untuk menjadi pembela bagi mereka yang membacanya, membawa mereka masuk ke surga, dan surah tersebut adalah Surah Tabarak (Surah Al-Mulk).

Artikel MotivasiQu: 7 Kesalahan Fatal Jika Terlalu Banyak Bicara

Pengobatan Sakit Gigi

Keutamaan lain dari surah ini adalah untuk keperluan pengobatan sakit gigi. Surah Al-Mulk ayat 23 dapat digunakan sebagai doa untuk mengobati sakit gigi.

قُلْ هُوَ الَّذِيْٓ اَنْشَاَكُمْ وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَالْاَفْـِٕدَةَۗ قَلِيْلًا مَّا تَشْكُرُوْنَ

Katakanlah, “Dialah Zat yang menciptakanmu dan menjadikan bagimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani. (Akan tetapi,) sedikit sekali kamu bersyukur.”

Dengan membaca tersebut, seseorang akan mendapat kesembuhan dari sakit gigi yang dialaminya.

Demikianlah 5 keutamaan Surah Al-Mulk. Penting bagi kita untuk mengamalkan dan mendapatkan manfaat dari surah yang penuh keberkahan ini. Dalam keseharian kita, mari kita perbanyak membaca, merenungkan, dan menghayati Surah Al-Mulk agar kita dapat merasakan manfaat spiritual yang terkandung di dalamnya.

SahabatQu, setelah kamu mengetahui 5 keutamaan surah Al-Mulk ini, apakah kamu sudah terpikirkan bagaimana rencanamu agar bisa terus akrab dengan surah ini? Ada baiknya mungkin kamu mengagendakan secara rutin membaca surah ini, misalnya dimulai dengan merutinkan membacanya seminggu sekali, seminggu 2 atau 3 kali, atau bahkan setiap hari. Semoga Allah berikan kekuatan kepada kita untuk senantiasa dengan kalam-Nya, termasuk Surah Al-Mulk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like