Inilah Tanda-Tanda Kiamat Sugra dan Kubra

Kasih bintang post

GenQu Media—Hidup di dunia adalah sebuah perjalanan singkat yang tidak abadi. Sepanjang sejarah, manusia telah menyaksikan perubahan yang tak terelakkan, dan realitas yang pasti adalah keberadaan kita di sini akan berakhir suatu hari. Keyakinan akan adanya kiamat telah tertanam dalam berbagai kepercayaan dan agama di seluruh penjuru dunia. Terlebih lagi dalam ajaran Islam. Bahkan, Islam telah menjelaskan secara detail bagaimana tanda-tanda kiamat, baik kiamat sugra maupun kiamat kubra.

Keyakinan bahwa suatu hari akan ada akhir dari zaman ini telah menuntun manusia untuk mencari arti dan tujuan hidup, mengingatkan kita akan sementara dan rapuhnya kehidupan ini, dan mendorong kita untuk menghargai setiap momen yang kita miliki. Lantas apakah yang dimaksud dengan hari kiamat?

Apa Itu Kiamat?

Hari Kiamat adalah saat akhir ketika alam semesta mengalami kehancuran dan manusia dibangkitkan dari kematian untuk dimintai pertanggungjawaban atas amal perbuatan yang telah dilakukan dan menerima balasan yang setimpal. Hari Kiamat hanya diketahui oleh Allah swt. Namun, ada beberapa tanda yang menunjukkan kedekatannya.

Artikel MotivasiQu: Self Healing dalam Islam untuk Kesehatan Mentalmu

Dua Jenis Kiamat

Terdapat dua bentuk Kiamat, yaitu Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra. Kiamat Sugra merujuk pada tanda-tanda yang muncul dalam kurun waktu yang panjang dan biasa terjadi. Sementara itu, Kiamat Kubra mengacu pada tanda-tanda yang muncul dalam waktu yang lebih dekat dan merupakan hal yang luar biasa.

Tanda-Tanda Kiamat Sugra

Sejak zaman Nabi Muhammad saw., beberapa tanda-tanda kiamat kecil telah terjadi dan tanda-tandanya terus berlangsung hingga saat ini. Berikut adalah beberapa tanda-tanda kiamat kecil:

  1. Diutusnya Nabi Muhammad sebagai rasul terakhir.
  2. Wafatnya Nabi Muhammad.
  3. Penaklukan Baitul Maqdis oleh kaum muslim.
  4. Terjadi wabah Tha’un Amwas yang menyebabkan wafatnya banyak sahabat Nabi.
  5. Harta berlimpah dan tidak memungut sedekah.
  6. Munculnya berbagai fitnah dan pembunuhan.
  7. Fenomena mengaku nabi atau rasul palsu.
  8. Tersebarnya stabilitas keamanan di dunia Islam.
  9. Hilangnya ilmu dan merebaknya kebodohan.
  10. Merebaknya minuman khamer dan zina.
  11. Saling berlomba-lomba meninggikan bangunan.
  12. Penggembala menjadi kaya raya dan sombong.
  13. Wanita lebih banyak daripada pria.
  14. Anak-anak tidak menghormati orang tua.
  15. Orang-orang jahat dihormati dan orang-orang baik direndahkan.

Tanda-Tanda Kiamat Kubra

Tanda-tanda kiamat besar belum terlihat. Namun akan berurutan terjadi hingga hari kiamat tiba. Tanda-tandanya ini telah disampaikan dalam berbagai hadis. Berikut adalah beberapa tanda-tanda kiamat besar:

  1. Munculnya Dukhan (kabut atau asap) yang akan menutupi langit selama 40 hari.
  2. Dajjal (Al-Masih Al-Dajjal) akan turun dan menyesatkan manusia dengan menggunakan berbagai tipu daya serta mukjizat palsu.
  3. Nabi Isa as. akan turun dan mengalahkan Dajjal, serta memimpin kaum muslimin melawan Yahudi dan salibis.
  4. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj (Gog dan Magog) yang akan menimbulkan kerusakan di bumi dengan membunuh manusia dan binatang serta meminum air laut.
  5. Matahari akan terbit dari arah barat, dan pada saat itu pintu taubat bagi manusia akan tertutup.
  6. Binatang dari bumi (Dabbah Al-Ardh) akan muncul dan mengajak manusia berbicara tentang ayat-ayat Allah
  7. Tiga kali gempa bumi besar (Khasf) akan terjadi di wilayah timur, barat, dan semenanjung Arab yang akan menyebabkan segala sesuatu yang berada di atasnya terbenam.
  8. Munculnya api besar (Dukhan) dari arah Yaman yang akan mengarahkan manusia ke tempat berkumpul (Mahsyar).
  9. Tiupan sangkakala (Shur) oleh Malaikat Israfil yang akan memusnahkan segala makhluk hidup, lalu ditiup lagi untuk membangkitkan manusia dari kubur mereka.

Artikel FYI: 7 Keutamaan Bulan Muharram & Amalan yang Dianjurkan

Wajib Percaya

sumber: pexels.com

Percaya pada hari kiamat adalah salah satu rukun iman dalam ajaran Islam, yakni rukun iman yang ke-5. Surat-surat yang membahas tentang kiamat antara lain Al-Infitar, Al-Qiyamah, Al-Zalzalah, Al-Qariah, An-Naba, dan Al-Waqiah.

Bagi umat Islam, iman kepada kiamat merupakan bagian esensial. Mengimani hari kiamat berarti meyakini bahwa suatu saat nanti, seluruh alam semesta akan dihancurkan, dan seluruh makhluk hidup akan dihidupkan kembali untuk dihisab atas segala perbuatannya.

SahabatQu, tentu keyakinan ini mempengaruhi tindakan dan sikap kehidupan sehari-hari, karena manusia sadar bahwa akhirat merupakan tujuan utama, dan setiap amal perbuatan memiliki konsekuensi pada kehidupan setelahnya. Dengan memegang teguh rukun iman tentang kiamat, muslim seharusnya hidup dengan kesadaran akan akhirat yang membimbing mereka dalam mencari keridhaan Tuhan dan menggapai kebahagiaan abadi.

Artikel FYP: Kriminalitas Marak, Siapa yang Bertanggung Jawab?

Persiapan Menghadapi Kiamat Kubra

Tidak ada yang tahu kapan kiamat kubra akan terjadi, tetapi semua umat beragama dianjurkan untuk mempersiapkan diri menghadapi kiamat kubra.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita persiapkan untuk menghadapi Kiamat Kubra:

Memperkuat Iman dan Takwa

Persiapan terpenting dalam menghadapi Kiamat Kubra adalah memperkuat iman dan ketakwaan kepada Allah swt. Menjaga kualitas ibadah, seperti shalat lima waktu dengan penuh khusyuk, membaca Al-Qur’an secara rutin, berzikir, dan bersedekah kepada yang membutuhkan, akan membantu memperkuat ikatan spiritual dengan Allah. Dengan memiliki iman yang kokoh, kita dapat menghadapi masa depan yang tak terduga dengan ketenangan hati.

Taubat dan Memperbaiki Diri

Sebagai manusia, kita sering melakukan kesalahan dan dosa. Oleh karena itu, sebelum terjadi Kiamat Kubra, penting bagi kita untuk bertaubat secara tulus dan memperbaiki diri. Bertobat adalah suatu bentuk pengakuan bahwa kita adalah hamba yang lemah dan rentan melakukan kesalahan. Dengan sungguh-sungguh bertaubat, Allah akan mengampuni dosa-dosa kita dan mengarahkan kita ke jalan yang benar.

Menjauhi Maksiat dan Perilaku Tercela

Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk menjauhi perilaku tercela dan maksiat. Menghindari dosa besar dan dosa kecil akan membantu membersihkan hati dan jiwa kita. Selain itu, kita juga harus menjauhi riba, judi, mencuri, dan segala bentuk kecurangan dalam berbisnis. Menjaga akhlak yang baik dan selalu berusaha berbuat baik kepada sesama akan mendekatkan kita kepada rahmat Allah.

SahabatQu, demikianlah uraian tentang tanda-tanda kiamat. Semoga Allah senantiasa membimbing kita semua untuk senantiasa istikamah dalam menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangannya.

2 thoughts on “Inilah Tanda-Tanda Kiamat Sugra dan Kubra”

Leave a Comment