10 Masjid Terunik, Bersejarah, dan Berarsitektur Megah

Kasih bintang post

GenQu Media—SahabatQu, masjid merupakan bangunan sangat penting yang tak terpisahkan dari kehidupan seorang muslim. Selain berfungsi sebagai pusat ibadah, sejak dahulu fungsi masjid bagi umat Islam sangat vital, mulai dari fungsi sosial hingga politik. Apakah yang terbayang di benak SahabatQu saat mendengar masjid terunik?

Dalam surah At-Taubah ayat 18, Allah menyebutkan bahwa orang yang memakmurkan masjid adalah orang yang beriman.

Bahkan, Rasulullah saw. pernah menyebutkan dalam sebuah hadis, bahwa orang yang hatinya terpaut pada masjid menjadi salah satu dari 7 golongan orang yang mendapatkan naungan Allah. 

Memakmurkan masjid dapat dilakukan dengan cara menunaikan shalat berjamaah di sana dan menjadi masjid sebagai pusat berbagai amal kebaikan seperti kajian keislaman, kegiatan sosial, pendidikan, dan sebagainya.

SahabatQu, Inilah 10 masjid terunik, bersejarah dan berarsitektur megah versi GenQuMedia.com.

Masjidil Haram

Inilah masjid yang menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia. Di Masjidil Haram terdapat Ka’bah. Jika merujuk ke sejarah, keberadaan Ka’bah yang menjadi kiblat umat Islam dapat ditarik ke masa Nabi Adam as. 

Dalam sebuah riwayat disebutkan, ketika Nabi Adam as. diturunkan dari surga, beliau sangat merindukan ibadah mengitari Arasy (thawaf) yang dilakukan bersama para malaikat.

Kemudian Allah membolehkan beliau untuk membuat tiruan Arasy (Ka’bah) yang masih berupa tancapan. Dalam riwayat lain disebutkan pula, Ka’bah ini dibangun oleh para malaikat. 

Pada masa Nabi Nuh as. terjadi banjir global, sehingga yang tersisa dari Ka’bah hanya  fondasinya. Selanjutnya fondasi Ka’bah ini dibangun kembali oleh Nabi Ibrahim dan Ismail as. hingga bentuknya seperti bisa kita saksikan sekarang.    

Masjid Nabawi

Masjid bersejarah ini dibangun usai Rasulullah saw. hijrah ke Madinah. Di sinilah beliau memusatkan kegiatan umat Islam saat itu. Rasulullah dan para sahabatnya terbiasa bermusyawarah di Masjid Nabawi, menjadikannya sebagai tempat mengkaji ilmu, dan berbagai kegiatan kebaikan yang dilakukan umat Islam saat itu.

Sama halnya dengan Masjidi Haram, Masjid Nabawi sangat istimewa sehingga shalat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menjadi berlipat ganda pahalanya. 

Dalam hadis riwayat Imam Ahmad dan Ibnu Majah, Rasulullah saw. menyebutkan bahwa shalat di Masjid Nabawi lebih utama daripada 1.000 shalat di masjid lainnya. Sedangkan shalat di Masjidil Haram lebih utama 1.000.000 shalat di masjid lainnya.  

Baca Juga: 7 Kunci Rahasia Surah Al-Fatihah, Manfaat Banget Dunia-Akhirat

Masjid Al-Aqsha

Masjid ini unik dan sangat istimewa. Inilah masjid yang menjadi kiblat kedua bagi umat Islam. Masjid ini juga menjadi saksi karena menjadi bagian dari peristiwa dahsyat Isra Mikraj Rasulullah saw.

Di Masjid ini, sebelum dimikrajkan ke langit, Rasulullah mengimami shalat para nabi dan rasul.

Sayangnya, umat Islam saat ini masih belum bisa membebaskan masjid ini. Masjid ini dikuasai oleh Israel yang telah mencaplok bumi Palestina, menanti umat Islam untuk membebaskannya.

Masjid Kubah Shakhrah

Banyak yang tidak bisa membedakan antara Masjid Al-Aqsha dan Masjid Kubah Shakhrakh (Dome of The Rock) yang dibangun oleh Khalifah Umar bin Khattab ini. Kubah pada masjid unik ini menjadi kubah masjid pertama yang dibangun dalam arsitektur Islam. 

Di dalam masjid ini terdapat sakhrakh muqaddas (batu suci) yang menjadi pijakan Rasulullah ketika dimikrajkan ke langit. Batu suci ini sama nilainya dengan hajar aswad. 

Batu suci ini juga dianggap sakral dan memiliki nilai sejarah bagi kaum Yahudi, salah satunya menurut kepercayaan mereka, di atas batu suci itu, Nabi Ibrahim hendak menyembelih putranya, Nabi Ishaq as.

Masjid Hagia Sofia

Arsitektur Hagia Sofia merupakan perpaduan Romawi Timur dengan Kesultanan Turki Usmani yang menjadi situs warisan dunia Unesco.

Bangunan ini beralih fungsi dari gereja menjadi masjid sebagai simbol kemenangan Sultan Muhammad Al-Fatih pada 1453 yang berhasil membebaskan Konstantinopel. Kota ini pun akhirnya berganti nama menjadi Istanbul. 

Berikutnya di masa kemunduran Islam, Hagia Sofia beralih fungsi menjadi museum pada 1935. Kemudian dikembalikan lagi fungsinya menjadi masjid pada 2020.

Artikel FYI: 11 Fungsi Al-Qur’an dalam Kehidupan Sehari-Hari

Masjid Biru

Rumah ibadah muslim yang cantik ini sering disebut juga sebagai Masjid Sultan Ahmed, Masjid ini berlokasi di Istanbul, Turki. Masjid ini termasuk salah satu destinasi wisata yang terkenal di negara tersebut. Masjid ini terkenal dengan kubah birunya yang indah dan dekorasi interior yang kaya.

Masjid Biru didirikan pada abad ke-17 dan masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga saat ini. 

Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi tujuan wisata populer bagi pengunjung yang tertarik dengan arsitektur Islam dan sejarah Turki. Di dalam masjid, terdapat lantai yang ditutupi dengan karpet merah dan dinding yang dihiasi dengan kaligrafi dan ubin keramik biru yang mengesankan.

Masjid Agung Xi’an

Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Besar Xi’an ini adalah sebuah masjid yang terletak di kota Xi’an, provinsi Shaanxi, Tiongkok.

Inilah salah satu masjid terunik, tertua dan terbesar di Tiongkok, serta salah satu landmark penting di kota Xi’an.

Masjid Agung Xi’an didirikan pada abad ke-8 selama masa Dinasti Tang, yang merupakan salah satu periode puncak kejayaan kota Xi’an. Masjid ini dibangun dalam gaya arsitektur Tiongkok klasik, dengan pengaruh seni Islam yang mencolok. Salah satu fitur menonjol dari masjid ini adalah struktur arsitektur yang indah, dengan gerbang utama, halaman terbuka yang luas, serta aula utama dan menara lonceng.

Masjid Djenne

Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Great Mosque of Djenné ini sebuah masjid yang terletak di kota Djenné, Mali. Inilah masjid yang dianggap sebagai salah satu contoh terbaik arsitektur Sudan-Sahel dan merupakan salah satu masjid terbesar yang terbuat dari adobe (bata lumpur) di dunia.

Masjid Djenné didirikan pada abad ke-13, meskipun bangunan yang ada saat ini dibangun kembali pada abad ke-19 setelah masa kerajaan Mali. 

Masjid ini secara tradisional menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat Djenné. Setiap tahun, pada bulan April, diadakan festival “Festival of the Crepissage” di mana masyarakat setempat bersama-sama mereparasi dan memperbarui dinding masjid dengan lapisan lumpur segar.

Arsitektur Masjid Djenné sangat mengesankan. Bangunan ini memiliki struktur yang luas dengan kubah dan menara yang menjulang tinggi. Dinding dan lantai masjid dibuat dari bata lumpur yang dicampur dengan jerami. Sementara atapnya dilapisi dengan tanah liat. Setiap tahun, selama festival, komunitas setempat membantu memperbarui dan mempertahankan bangunan ini, yang telah menjadi Warisan Dunia UNESCO sejak 1988.

Artikel NetQu: GenQu Media, Sahabat Literasi Muslim Muda

Masjid Pink

Rumah ibadah muslim ini dikenal juga sebagai Masjid Nasir al-Mulk. Masjid ini terletak di kota Shiraz, Iran. Terkenal dengan keindahan arsitektur dan interior yang memukau. Saat sinar matahari pagi memancar melalui jendela-jendela berwarna kaca, menciptakan pola cahaya yang menakjubkan di dalam ruangan.

Masjid Nasir al-Mulk dibangun pada akhir abad ke-19 oleh seorang arsitek Iran bernama Muhammad Hasan-e-Memar.

Masjid ini menggabungkan elemen-elemen arsitektur tradisional Iran dengan sentuhan gaya Qajar. Salah satu fitur paling mencolok dari masjid ini adalah serambi dalam yang berwarna-warni dengan ubin berwarna dan jendela-jendela kaca berhias yang memantulkan cahaya warna-warni saat matahari bersinar.

Masjid Merah

Dinamai Masjid Merah karena masjid ini didominasi warna merah. Masjid ini merupakan salah satu masjid terunik, terbesar, dan paling terkenal di India. Dibangun antara tahun 1644 dan 1656 oleh Kaisar Shah Jahan, pembangun Taj Mahal, masjid ini adalah salah satu contoh terbaik arsitektur Mughal di India.

Masjid Jama terletak di jantung kota tua Delhi, dan memiliki kompleks yang luas dengan halaman terbuka, kolam, dan menara yang mengesankan. 

Masjid ini dibangun dengan batu merah dan marmer putih, memberinya penampilan yang mencolok dan khas. Di dalam kompleks masjid, terdapat ruang doa yang luas dengan lantai yang ditutupi dengan karpet merah, serta kubah dan menara yang menghiasi panorama kota Delhi.

SahabatQu, demikianlah 10 masjid unik bersejarah dan berarsitektur megah. Semoga SahabatQu bisa berkesempatan mengunjungi masjid-masjid tersebut dan bisa menunaikan shalat di sana.

Leave a Comment