10 Masjid Terunik Kebanggaan Muslim Tanah Air

Apa yang kamu rasakan saat menyaksikan masjid unik? Mungkin bawaanmu jadinya pengen sering shalat berjamaah ke masjid.
Total
0
Shares
sumber: canva
5/5 - (1 vote)

GenQu Media—SahabatQu, apa yang kamu rasakan saat menyaksikan masjid terunik? Mungkin bawaanmu jadinya pengen sering shalat berjamaah ke masjid dan kamu betah berlama-lama ada di dalamnya. Kamu pun jadi termotivasi untuk turut serta memakmurkannya.

Nah, setelah di artikel sebelumnya mengulas Masjid Terunik di Dunia, artikel kali ini akan mengulas 10 Masjid terunik di Indonesia versi GenQu Media.

Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda, yang merupakan Sultan Aceh pada masa itu.

Namun, masjid ini mengalami kerusakan yang cukup parah akibat gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004.

Kemudian masjid ini direnovasi dan dibangun kembali. Desainnya mengombinasikan desain arsitektur gaya Timur Tengah dan Aceh. 

Masjid Al-Irsyad

Rumah ibadah kebanggan warga Bandung ini berlokasi di kawasan Padalarang, Bandung Barat. Masjid Al-Irsyad dibangun pada 7 September 2009 bertepatan dengan 17 Ramadan 1430 H. Masjid ini berdiri megah di area 1 hektar. Arsiteknya adalah Ridwan Kamil dengan konsep green mosque.

Karenanya memiliki taman yang hijau dan nyaman di sekitarnya, menciptakan suasana yang tenang dan damai.

Masjid Al-Irsyad memiliki desain arsitektur modern. Terinspirasi dari Ka’bah, masjid ini berbentuk kubus. Pada dinding diukir kaligari bertuliskan lafaz dua kalimat syahadat.

Baca Juga: 11 Fungsi Al-Qur’an dalam Kehidupan Sehari-Hari

Masjid Raya Sumatra Barat

Masjid Raya Sumatra Barat memiliki arsitektur yang khas dengan sentuhan budaya Minangkabau. Karenanya masjid ini juga dijuluki Masjid Mahligai Minang. Masjid ini dibangun pada 21 Desember 2007. Perancanganya adalah Ridwan Kamil.

Bagian atapnya dibangun dalam gaya limas rumah gadang yang khas dengan ornamen-ornamen tradisional Minangkabau. Masjid ini meraih penghargaan Abdullatif Al Fozan Award (AFAMA).

Masjid Istiqlal 

Masjid Istiqlal dibangun pada tahun 1951. Pembangunan masjid ini merupakan simbol kemerdekaan dan kebebasan Indonesia yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, Hari Kemerdekaan Indonesia.

Masjid Istiqlal, salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara dan memiliki kapasitas yang sangat besar.

Luas bangunan Masjid Istiqlal mencapai 24.200 meter persegi di atas tanah seluas 98.247 meter persegi dengan daya tampung hingga 200.000 jamaah.

Masjid Agung An-Nur Pekan Baru

Satu dari 10 Masjid terunik di Indonesia yang lainnya adalah Masjid Agung An-Nur Pekan Baru. Masjid ini dibangun pada tahun 1962. Kemudian diresmikan pada tahun 1968.

Arsitekturnya mirip Taj Mahal di India. Masjid ini memiliki desain arsitektur yang menggabungkan elemen khas Melayu dan Timur Tengah. 

Masjid ini memiliki atap bergaya Melayu. Kemudian dipercantik dengan sentuhan ornamen-ornamen islami yang indah. Masjid ini dibangun dengan satu kubah besar di tengah. Kemudian ada empat buah kubah kecil berwarna hijau dan empat buah menara.

Masjid Kubah Emas

Masjid Dian Al-Mahri Depok dibangun oleh H. Soetikno pada tahun 2001. Masjid ini terkenal karena kemewahannya dan dilapisi dengan emas pada bagian atap dan kubahnya sehingga mendapat julukan Masjid Kubah Emas.

Masjid Dian Al-Mahri memiliki desain yang sangat mewah dan mencolok. Atap dan kubah masjid ini dilapisi dengan lembaran emas, memberikan tampilan yang spektakuler dan unik.

Masjid ini juga dilengkapi dengan berbagai ornamen indah, ukiran, dan detail arsitektur yang rumit.

Artikel FYI: 10 Masjid Terunik di Dunia, Punya Jejak Sejarah dengan Arsitektur Megah & Indah

Masjid Agung Banten

Masjid jami yang satu ini berlokasi di Serang-Banten. Bangunannya masih berdiri kukuh meskipun usianya sudah lebih dari 4 abad. Masjid bersejarah ini menjadi saksi bahwa Islam yang dipimpin oleh Kesultanan Islam Banten pernah berjaya di kawasan Banten dan Jawa Barat.

Masjid ini didirikan pada masa Sultan Maulana Hasanuddin, putra Sunan Gunung Djati. Kemudian pembangunan dilanjutkan oleh Sultan Maulana Yusuf.

Masjid Agung Serang memiliki desain arsitektur hasil akulturasi 3 budaya, yaitu Jawa, Cina, dan Eropa. Ciri yang paling khas dari masjid ini adalah menara atau mercusuar yang menyerupai pagoda Cina.

Masjid Sumatera Utara

Salah satu dari 10 masjid terunik di Indonesia berikutnya adalah Masjid Agung Sumatera Utara. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Raya Al-Mashun. Inilah salah satu masjid terkemuka yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara. Masjid Agung Sumatera Utara oleh Sultan Ma’mun Ar-Rasyid. Masjid mulai dibangun pada tahun 1906. Tiga tahun kemudian, tahun 1909 masjid ini pun berhasil dirampungkan.

Masjid ini awalnya bernama Masjid Al-Mashun dan merupakan salah satu masjid tertua di Sumatera Utara. Usianya sudah mencapai lebih dari satu abad. 

Masjid Agung Sumatera Utara memiliki desain arsitektur yang khas dengan pengaruh arsitektur Timur Tengah, India, dan Spanyol. Arsiteknya adalah seorang Belanda bernama JA Tingdemen. Biaya pembangunan masjid ini mencapai satu juta Gulden.

Artikel Lainnya: 7 Kunci Rahasia Surah Al-Fatihah, Manfaat Banget Dunia-Akhirat

Masjid Menara Kudus

Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Agung Kudus. Lokasinya terletak di Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini juga punya nama lain Masjid Al-Aqsha Manarat Kudus. Nama ini merujuk pada kota suci Al-Quds (Al-Aqsha) Palestina, tempat Sunan Kudus dilahirkan.

Usia masjid ini hampir mencapai 5 abad. Masjid ini dibangun oleh Sunan Qudus. Masjid ini memiliki sejarah yang kaya dan dianggap sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid Menara Kudus juga memiliki makna penting dalam sejarah Islam di Indonesia.

Masjid Menara Kudus memiliki desain arsitektur yang unik dengan pengaruh arsitektur Hindu-Jawa dan Islam. Bangunan utamanya memiliki bentuk khas seperti menara berbentuk mirip candi. Menara ini menjadi ciri khas dan memberikan nama “Menara” pada masjid ini. 

Masjid 99 Kubah Makassar

Masjid rancangan Ridwan Kamil ini dilengkapi dengan kubah sebanyak 99 buah. Jumlah tersebut terinspirasi dari 99 Asma Allah.

Suasana di sekitar masjid akan terlihat eksotis pada saat senja. Karena keunikannya, masjid ini menjadi ikon baru kota Makassar.

SahabatQu, demikianlah 10 masjid terunik di Indonesia. Semoga dengan mengetahui keunikannya kamu semakin terpacu untuk bersemangat memakmurkan seluruh masjid yang ada di dunia dan juga di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like