11 Masjid Tertua di Dunia, Muslim Wajib Tahu

Mendengar istilah “Masjid Tertua” tentu yang hadir di benak setiap muslim ada usianya yang lama dan memiliki nilai sejarah yang luar biasa. 
Total
0
Shares
sumber canva
Kasih bintang post

GenQu Media—SahabatQu, artikel sebelumnya kita sudah mengulas masjid terunik di dunia dan di Indonesia. Nah artikel kali ini, GenQuMedia.com bakal ngulas 10 masjid tertua di dunia. 

Mendengar istilah “Masjid Tertua” tentu yang hadir di benak setiap muslim ada usianya yang lama dan memiliki nilai sejarah yang luar biasa.  Inilah 11 masjid tertua di dunia versi GenQuMedia.com:

Masjid Quba

Masjid Quba dibangun oleh Nabi Muhammad saw ketika beliau hijrah dari Makkah ke Yatsrib (Madinah). Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Rasulullah sendiri pada tahun 622 Masehi. Bahkan, tubuh beliau yang mulia sampai dipenuhi debu dan pasir.

Semasa hidupnya, Rasulullah rutin ke Masjid Quba setiap Senin, Kamis, dan Sabtu.

Masjid yang sudah mengalami renovasi beberapa kali ini menjadi pusat ibadah dan aktivitas komunitas Muslim di Madinah. Lokasinya berada di perkampungan Quba, Madinah, Arab Saudi. 

Masjid Al-Qiblatain

Sebelumnya masjid ini dinamai Masjid Bani Salamah. Masjid Al-Qiblatain dikenal sebagai “masjid dua kiblat” karena pada awalnya umat Islam menghadap ke Baitul Maqdis (Yerusalem) dalam salat. Lantas perintah untuk menghadap Ka’bah di Makkah datang. Masjid ini menjadi tempat perubahan arah kiblat dalam salat.

Masjid ini berlokasi di Madinah, tepatnya 7 km dari Masjid Nabawi. Mihrabnya bergaya geometri ortogonal dan simetri yang terdiri dari menara kembar dan kubah kembar. Kubah utama menunjukkan arah kiblat Masjidil Haram. Sedangkan kubah kedua yang menunjukkan ke arah Masjidil Aqsha hanya dijadikan sebagai pengingat sejarah.

Masjidil Haram

Masjidil Haram yang berlokasi di Makkah adalah masjid terbesar di dunia dan merupakan tempat suci bagi umat Muslim.

Masjid ini awalnya dibangun oleh Nabi Ibrahim as. dan putranya, Nabi Ismail as. Selanjutnya, masjid ini mengalami perluasan dan renovasi. 

Sejarah masjid ini sebelumnya pernah diulas dalam artikel 10 Masjid Terunik di Dunia. Di masjid ini terdapat banyak bangunan bersejarah, seperti Ka’bah, Maqam Ibrahim, sumur Zamzam, dan sebagainya. Pada masa jahiliyah, Ka’bah dijadikan sebagai pusat penyembahan berhala. 

Tercatat dalam sirah, ada 365 berhala. Jumlah berhala yang demikian banyak itu dibersihkan pada saat peristiwa Fathu Makkah. Sejak saat itu, Ka’bah dan komplek Masjidil Haram menjadi pusat ibadah bagi umat Islam dan simbol kemenangan umat Islam. Hal tersebut ditunjukkan dengan Bilal yang menaiki Ka’bah untuk mengumandangkan azan.

Baca Juga: 10 Masjid Terunik di Indonesia, Kebanggaan Muslim Tanah Air

Masjid Nabawi

Inilah masjid kedua terbesar di dunia. Masjid ini merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Nabi Muhammad saw. setelah Masjid Quba.Saat tiba di Madinah, Rasullah disambut penduduk Madinah dengan penuh suka cita. Mereka berlomba-lomba menawari Rasulullah tinggal di rumah mereka.

Namun dengan bijak Rasulullah, memilih unta yang ditungganginya untuk berhenti. Unta tersebut berhenti di  tanah tempat penjemuran kurma. Tanah itu milik dua anak yatim bernama Sah dan Suhail bin Amr. Kemudian beliau membeli tanah tersebut.

Di atas tanah itulah beliau membangun Masjid Nabawi. Pada awalnya luas masjid hanya berukuran 50×50 m. Tinggi atapnya hanya 3.5 m. Di salah satu sisi masjid, dibangun kediaman beliau bersama keluarganya.  

Bila SahabatQu berkunjung ke masjid ini, kamu bisa sekaligus berziarah ke tempat peristirahatan terakhir (makam) Nabi Muhammad saw. Masjid Nabawi awalnya sangat sederhana, tetapi mengalami perluasan dan renovasi seiring berjalannya waktu.

Masjid Amr bin Ash

Rumah ibadah muslim yang satu ini berlokasi di Fustat, Kairo, Mesir ini dibangun pada  641 Masehi atau 21 H. Inilah masjid tertua di Benua Afrika. Masjid ini didirikan oleh Amr bin Ash, seorang sahabat Nabi Muhammad saw. yang menjadi tokoh kunci pembebasan Mesir. Dialah yang mengomandani pasukan Muslim untuk membebaskan Mesir dan menggabungkannya menjadi bagian Negara Islam. 

Diceritakan ada 80 orang sahabat Nabi saw. yang terlibat dalam pembangunan Masjid Amr bin Ash, seperti Abu Darda, Zubair bin Awwam, dan Miqdad.

Dalam perkembangannya, masjid ini sudah mengalami beberapa kali renovasi, seperti pada masa Khalifah Al-Walid bin Abdul Malik dan pada masa Shalahuddin Al-Ayyubi.

Artikel FYP: 10 Masjid Terunik di Dunia, Punya Jejak Sejarah dengan Arsitektur Megah & Indah

Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-Quds berlokasi di di Haram As-Syarif, kota tua Palestina. Selain menjadi tempat suci bagi umat Islam, masjid ini juga merupakan tempat suci bagi agama Yahudi dan Kristen. 

Sejarah masjid ini memiliki kemiripan dengan Masjidil Haram (Ka’bah). Ibnu Katsir, Al-Qurthubi, dan Ath-Thabari menuturkan, masjid ini pertama kali dibangun oleh malaikat. Namun, pendapat sebagian besar ulama menyebutkan, Masjid Al-Aqsa dibangun pertama kali oleh Nabi Adam as. Kemudian pembangunan dilanjutkan oleh Nabi Ibrahim as.

Masjid Damaskus

Sesuai dengan namanya Masjid Damaskus, masjid ini berlokasi di kota Damaskus, Suriah. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Umayyad. Masjid Damaskus adalah salah satu masjid terbesar dan paling bersejarah di dunia.

Jauh sebelumnya, masjid ini merupakan kuil yang dibangun oleh orang Aram. Kemudian pada masa kekuasaan Romawi, beralih fungsi menjadi katedral. Ketika Islam berkuasa di Damaskus, fungsinya pun beralih menjadi masjid.

Masjid ini dibangun pada masa kekhalifahan Umayyah dan menggantikan sebuah Gerjea Kristen yang sebelumnya berdiri di tempat tersebut.

Diyakini, di akhir Zaman Nabi Isa as. akan turun di masjid ini. Ibnu Katsir menuturkan, tempat turunnya Nabi Isa as pada masa Imam Mahdi berada di Menara Putih, bagian timur Masjid Damaskus.

Sayangnya, di masa Arab Spring, Masjid ini mengalami kerusakan parah akibat perang di Suriah. Saat ini, masjid tengah dalam tahap renovasi.

Masjid Qolşärif

Inilah masjid terbesar di Rusia dan Eropa. Masjid ini merupakan merupakan warisana paling bersejarah dari abad ke-16 Masehi. Masjid ini berlokasi di Kazan, Kremlin, Rusia. Dahulunya menjadi simbol kekuatan bangsa muslim Tatar. 

Masjid Qolşärif  hancur selama pengepungan Kazan pada tahun 1552. Namun, pada tahun 1996, masjid ini direkonstruksi kembali dan menjadi salah satu simbol agama Islam di Rusia. Nama masjid ini, Qolşärif diambil dari nama seorang tokoh pejuang muslim kebanggaan bangsa Tatar. Arsitekturnya memadukan gaya Kazan Khanate, Rusia, dan Islam modern.

Artikel MotivasiQu: Cara Rasulullah Menghilangkan Kesedihan

Masjid Sankore

Masjid bersejarah yang satu ini sudah berdiri sejak abad ke-14 Masehi. Bangunannya berlokasi di Timbuktu, Mali. Masjid ini juga dikenal sebagai Universitas Sankore. Selain sebagai rumah ibadah, masjid ini  berfungsi sebagia pusat pembelajaran Islam pada zaman keemasan Kerajaan Mali. Rumah ibadah muslim menjadi tempat studi dan penelitian yang terkenal, menarik ilmuwan dan pelajar dari seluruh Afrika.

Masjid Huaisheng 

Masjid ini dibangun abad ke-7 Masehi. Bangunannya berlokasi di Guangzhou, Guangdong, Tiongkok.  Masjid Guangta atau Masjid Light Tower adalah nama lain dari masjid bersejarah ini. adalah salah satu masjid tertua di Tiongkok. Pendiri masjid ini adalah Sa`d ibn Abi Waqqas. Masjid ini menjadi pusat Islam di wilayah Guangzhou.

Masjid Xi’an

Xi’an, Shaanxi, Tiongkok merupakan lokasi masjid yang satu ini. Inilah masjid ini didirikan pada abad ke-8 Masehi. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Tiongkok. Masjid ini awalnya dibangun pada abad ke-8 selama masa pemerintahan Dinasti Tang dan menggabungkan elemen arsitektur Tiongkok dan Islam.

SahabatQu, Itulah 11 masjid tertua di dunia. Semoga dengan mengetahuinya makin menambah kecintaanmu pada Islam sehingga kamu makin bersemangat dalam berdakwah dan memakmurkan masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like