Keutamaan dan Manfaat Membaca Surah Al-Baqarah

5/5 - (1 vote)

GenQu MediaSurah Al-Baqarah merupakan surat utama dalam Al-Qur’an dan menjadi salah satu surah terbesar. Di dalamnya dijelaskan hukum-hukum, perumpamaan, dan berbagai dalil. Tidak ada surah yang mencakup seperti surah ini. Banyak sekali nama dan sifat yang diberikan untuk surah agung ini.

SahabatQu, mari kita simak penjelasan mengenai surah Al-Baqarah dari Ali As-Salabi, Sejarawan, Fakih, dan Pemikir Politik Libya yang dilansir dari Aljazeera.net.

Serba Seribu

Al-Baqarah terletak di awal setelah surah Al-Fatihah. Ibnu Katsir menyampaikan, “Di dalam Surah Al-Baqarah terdapat seribu perintah, seribu larangan, dan seribu berita. Karena keagungannya, Abdullah bin Umar ra., menghabiskan delapan tahun untuk mempelajarinya,” seperti yang disebutkan dalam As’ilat al-Hikm.

Surah Al-Baqarah adalah surah terpanjang dalam Al-Qur’an, bersifat madaniyah, dan memiliki fokus pada legislasi yang mengatur kehidupan Muslim dalam masyarakat baru di Madinah, di mana agama dan negara bersatu, tanpa salah satu yang mendominasi yang lain. Keduanya saling terkait seperti tubuh dan roh.

Oleh karena itu, legislasi madaniyah didasarkan pada penguatan akidah Islam, dimulai dengan iman kepada Allah dan yang ghaib, keyakinan bulat terhadap apa yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya dan kepada para nabi sebelumnya, serta bahwa amal saleh adalah bentuk nyata dari iman itu, diwujudkan dalam menjaga hubungan antara manusia dengan Tuhannya melalui shalat, dan mewujudkan prinsip-prinsip solidaritas sosial dengan bersedekah di jalan Allah Yang Maha Mulia.

Surah ini membahas sifat-sifat orang beriman, kafir, dan munafik, untuk membuat perbandingan antara orang yang selamat dan orang yang hancur. Ini juga membahas kekuasaan Allah dalam menciptakan dan menghormati Adam sebagai manusia pertama dengan sujudnya malaikat serta kejadian di surga, kemudian turun ke bumi.

Menurut Syaikh Ibnu Utsaimin, sebagian besar surah madaniyah memiliki lebih banyak rincian daripada surah Mekah, dengan rincian tersebut berfokus pada cabang-cabang Islam tanpa menyentuh pokok-pokoknya. Surah-surah ini umumnya memiliki ayat yang lebih panjang daripada surah-surah Mekah.

Surah yang mulia ini dinamai Surah Al-Baqarah untuk mengenang mukjizat gemilang yang muncul pada zaman Nabi Musa as.

Al-Baqarah dalam Tafsir Hada’iq al-Ruh

Surah Al-Baqarah adalah surah madaniyah sepenuhnya, turun setelah surah Al-Mutaffifin dalam berbagai periode, dan merupakan yang pertama turun di Madinah. Dikatakan, kecuali firman-Nya yang berbunyi: “Dan bertakwalah kamu kepada Allah pada hari yang kamu kembali kepada-Nya,” ayat ini adalah ayat terakhir yang turun dari langit. Ayat ini diturunkan pada Hari Nahr di Hujjah al-Wada’ di Mina, dan ayat-ayat tentang riba juga termasuk yang turun pada akhir-akhir turunnya Al-Qur’an, sebagaimana disebutkan oleh al-Qurtubi dalam tafsirnya.

Surah Al-Baqarah terdiri dari 286 atau 287 ayat, 6121 kata, dan 25.500 huruf .

Tentang nama surah ini: Surah ini dinamai Al-Baqarah (Sapi Betina) untuk mengenang kejadian luar biasa yang terjadi pada zaman Nabi Musa, di mana seseorang dari Bani Israel dibunuh dan mereka tidak mengetahui pembunuhnya hingga pada akhirnya diketahui. Penjelasan mengenai ayat-ayat yang dihapus dan yang menghapusnya akan dijelaskan di akhir surah.

Al-Baqarah Menurut Abdullah Daraz

Abdullah Daraz, penulis An-Naba’ul ‘Adzim, menyebutkan bahwa surah ini secara keseluruhan terdiri dari: pengantar, 4 tujuan utama, dan penutup. Dengan urutan sebagai berikut:

  1. Pengantar: Memperkenalkan mengenai Al-Qur’an ini dan menjelaskan bahwa petunjuk yang terkandung di dalamnya telah mencapai tingkat kejelasan yang tidak ragu bagi orang yang memiliki hati yang tulus. Namun, hal itu diabaikan oleh orang yang tidak memiliki hati, atau yang hatinya sakit.
  2. Tujuan Pertama: Menyeru semua orang untuk memeluk Islam.
  3. Tujuan Kedua: Menyeru Ahlul Kitab secara khusus untuk meninggalkan keyakinan salah mereka dan memasuki agama yang benar ini.
  4. Tujuan Ketiga: Menyajikan hukum-hukum agama ini secara rinci.
  5. Tujuan Keempat: Menyebutkan motivasi keagamaan yang mendorong untuk mematuhi hukum-hukum tersebut dan melarang pelanggarannya.
  6. Penutup: Memperkenalkan orang-orang yang merespon seruan umum ini untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut dan menjelaskan apa yang diharapkan bagi mereka, baik di dunia maupun di akhirat (7).

Dari Sahal bin Sa’d radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Setiap sesuatu memiliki janggutnya, dan janggut Al-Qur’an adalah Al-Baqarah. Barang siapa membacanya di rumahnya pada malam hari, setan tidak akan masuk ke rumahnya selama tiga malam.” (HR. Thabrani)

Hadis tentang Keutamaan Surah Al-Baqarah

Banyak sekali keutamaan dari surah ini, di antaranya di ungkapkan dalam dua hadis berikut.

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw.bersabda: “Janganlah menjadikan rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan Surah Al-Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan.” (HR. Muslim, Ahmad, At-Tirmidzi, An-Nasa’i; At-Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan sahih).

Dari Sahal bin Sa’d ra., Rasulullah saw.bersabda: “Setiap sesuatu memiliki “sunnah”, dan sunnah Al-Qur’an adalah Surah Al-Baqarah. Barang siapa membacanya di rumahnya pada malam hari, setan tidak akan masuk ke rumahnya selama tiga malam.” (HR. Thabrani dan Ibnu Hibban, dan dia berkata: hadis ini hasan)

Surah Terpanjang, Ayat Terpanjang, dan Kata Terpanjang

Jika dikatakan: “Surah mana yang paling panjang dalam Al-Qur’an, dan yang paling pendek? Ayat mana yang paling panjang dan yang paling pendek? Kata mana yang paling panjang dan yang paling pendek?”

Saya jawab: Surah terpanjang dalam Al-Qur’an adalah Al-Baqarah, yang terpendek adalah Al-Kawthar. Ayat terpanjang adalah Ayat al-Dain, yang terpendek adalah Ayat “Al-Dhuha”, “Al-Fajr”, dan “Mudhammatan”.

Kata terpanjang adalah yang terdiri dari 10 huruf, seperti dalam firman-Nya, “Liyastakhlifannahum” dan “Anlazimukumuhâ”, sedangkan yang terpendek terdiri dari dua huruf, seperti “Ma”, “Wa”, “La”, “Bi”, “Wa”, dan yang sejenisnya, serta huruf-huruf makna lain yang terdiri dari satu huruf, seperti hamzah tanya dan wawu ‘atf, meskipun pada kenyataannya tidak diucapkan secara terpisah.

SahabatQu, demikianlah keutamaan surah Al-Baqarah. Semoga siapa pun yang membaca dan mengamalkan Allah berikan pahala dan segala keutamaannya.

Leave a Comment