Keutamaan dan Manfaat Membaca Surah Al-Fatihah

5/5 - (2 votes)

GenQu MediaSurah Al-Fatihah adalah surah yang dianugerahkan Allah swt. kepada umat Islam. Surah ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita saat membacanya, menghafalnya, dan merenungkan maknanya.

Surah Al-Fatihah dimulai dengan pujian kepada Allah, memuji dan bertasbih kepada-Nya, memohon kepada-Nya dengan menyatakan ketaatan dan keesaan-Nya. Al-Fatihah juga menjadi sarana penyembuhan bagi tubuh dengan ruqyah syar’iyyah.

Kandungan Surah Al-Fatihah

Berikut beberapa pesan dan kandungan dari Surah Al-Fatihah sebagaimana dijelaskan Israa Barakah yang dikutip dari mawdoo3.com:

  • Tauhid dan Ibadah kepada Allah. Allah berfirman dalam Kitab-Nya yang Mulia, “Alhamdu lillahi Rabbil ‘Alamin” (Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam).
  • Nama-Nama Allah yang Indah dan Sifat-sifat-Nya. Allah berfirman dalam Kitab-Nya yang Mulia, “Ar-Rahman Ar-Rahim” (Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang).
  • Iman kepada Hari Kiamat. Allah berfirman dalam Kitab-Nya yang Mulia, “Maliki Yaumid-Din” (Pemilik Hari Pembalasan).
  • Memuji dan Bersyukur kepada Allah. Surah Al-Fatihah merupakan bentuk pujian dan syukur kepada Allah. Ini juga berfungsi sebagai doa, wadah berbicara antara hamba dan Tuhannya, dan rukyah untuk kesembuhan.

Sebab Turunnya Surah

Menurut Abi Maisarah, Rasulullah saw. ketika terdengar panggilan dari pemanggil, dia langsung pergi. Waraqah bin Naufal memberinya saran: “Jika kamu mendengar panggilan, tetaplah sampai kamu mendengar apa yang dikatakan kepadamu. Ketika kamu mendengar panggilan, katakan ‘Labbaik.’ Lalu ucapkan syahadat, dan baca ‘Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Ar-Rahman Ar-Rahim, Maliki Yaumid-Din’ sampai selesai membaca Al-Fatihah.” (Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitab “Al-Ijabah” dari Amr bin Syar Hibbil. Halaman atau nomor hadis: 1/224.)

Keutamaan Surah Al-Fatihah

Keutamaan Surat Al-Fatihah sangat banyak, di antaranya:

  • Al-Qur’an Al-Adzim. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw. bersabda: “Dia membacakan ‘Ummul-Qur’an’ padaku. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidak ada yang diturunkan dalam Taurat, Injil, Zabur, atau Al-Furqan seperti itu. Ini adalah As-Sab’ul Matsani dan Al-Qur’an yang agung yang diberikan kepadaku.(HR. Imam Ahmad)
  • Bacaan Wajib dalam Shalat. Ini merupakan pilar dari pilar shalat, dan shalat tidak sah tanpa membacanya. Dari Ubadah bin Shamit ra., Rasulullah -saw.- bersabda: “Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca Ummul-Qur’an (Al-Fatihah).” (HR. Bukhari)
  • Makna yang Luas. Surah ini mencakup seluruh makna yang terdapat dalam kitab-kitab yang diturunkan, termasuk pokok-pokok agama, cabang-cabangnya, akidah Islam, hukum-hukum Islam, tata cara ibadah, dan permohonan kepada Allah untuk tetap lurus di jalan yang benar.
  • Doa yang Dikabulkan. Menggunakan Al-Fatihah sebagai awal dalam berdoa merupakan kunci untuk mendapatkan kekayaan, keberhasilan, dan kebahagiaan. Ini adalah doa yang sangat mustajab bagi seorang Muslim.
  • Petunjuk dan Sumber Kebahagiaan. Surah Al-Fatihah, dengan segenap keutamaan dan manfaatnya, menjadi petunjuk dan sumber kebahagiaan bagi umat Islam. Allah, Yang Maha Kuasa, Maha Penyayang, memberikan karunia-Nya dengan memberikan surah ini kepada umat-Nya sebagai pedoman hidup.

Sekilas tentang Hadis Keutamaan Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah
sumber: perchance.org

Hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah ra., Nabi saw. menyatakan,

Siapa saja yang melaksanakan salat tanpa membaca dalam shalat itu Ummul-Qur’an (Al-Fatihah), maka salatnya tersebut kurang dan tidak sempurna, tiga kali. Ketika Abu Hurairah ditanya, ‘Bagaimana jika kita berada di belakang imam?’ Dia menjawab, ‘Bacalah sendiri, karena sesungguhnya aku telah mendengar Rasulullah saw bersabda: Allah berfirman, ‘Aku telah membagi salat di antara-Ku dan antara hamba-Ku menjadi dua bagian, dan bagi hamba-Ku apa yang dia minta. Jika hamba-Ku berkata, ‘Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin,’ Allah berkata, ‘Hamba-Ku telah memuji-Ku.‘”

(HR. Muslim)

Kandungan Hadis

Dari hadis ini, terdapat beberapa pelajaran yang berharga, di antaranya:

  • Tidak Sahnya Salat tanpa Al-Fatihah. Hadis ini menegaskan bahwa salat tidak sah tanpa membaca Al-Fatihah. Ini menekankan pentingnya membaca surah ini dalam setiap rakaat salat.
  • Bolehnya Membaca Al-Fatihah secara Diam-diam. Hadis ini juga memberikan izin untuk membaca Al-Fatihah secara diam-diam ketika berada di belakang imam dalam salat berjamaah. Hal ini membantu individu untuk memastikan bahwa mereka telah membaca Al-Fatihah, yang merupakan kewajiban dalam setiap salat.
  • Interaksi antara Hamba dan Tuhan. Setiap ayat dari Surah Al-Fatihah melibatkan interaksi antara hamba dan Tuhan. Ayat-ayat ini mencakup pujian, tanda hormat, pengabdian, memohon pertolongan, dan doa untuk petunjuk serta menjauh dari kesesatan.

Manfaat Surah Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah manfaat yang besar, di antaranya:

  • Kunci Segala Kebaikan dan Kebahagiaan. Surah al-Fatihah menjadi kunci segala kebaikan dan kebahagiaan. Nama “Al-Fatihah” sendiri mengindikasikan hal tersebut, mengingat bahwa manusia meminta pertolongan kepada Allah dan yakin bahwa kebaikan akan terjadi saat membacanya.
  • Panduan menuju Jalan yang Benar. Allah berfirman dalam Kitab-Nya yang Mulia, “Ihdinas-Siratal-Mustaqim” (Tunjukilah kami jalan yang lurus). Jalan yang lurus adalah agama Allah, yaitu tauhid, kesucian kepada-Nya, ketaatan terhadap perintah-Nya, dan meninggalkan larangan-Nya.
  • Menjauhkan Kemurkaan Allah. Surah Al-Fatihah membantu menghindari kemurkaan Allah dan berfungsi sebagai penyembuh bagi hati dan tubuh, sesuai dengan firman Allah dalam Kitab-Nya yang Mulia, “Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in” (Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan).

SahabatQu, semoga kita tergolong para pecinta Al-Fatihah yang mendapatkan semua keutamaan dan manfaat dari Induk Al-Quran ini. Amin!

Leave a Comment