Keutamaan dan Manfaat Membaca Surah Ali Imran

5/5 - (1 vote)

GenQu Media—Surah Ali Imran adalah surah ke-3 dalam urutan Al-Quran dengan jumlah ayat sebanyak 200 ayat. Surah ini merupakan surah kedua terpanjang setelah Al-Baqarah. Sebagaimana surah al-Baqarah, Ali Imran pun memiliki bayak keutamaan dan manfaat. Seperti apakah keutaamaan surah ini, simak penjelasannya sebagaimana dikutip dari dari elbalad.news.

Keutamaan Surah Ali Imran

  1. Abu Ka’ab meriwayatkan dari Rasulullah saw. Beliau bersabda, “Siapa saja yang membaca Surah Ali Imran, setiap ayatnya memberikan perlindungan (aman) di atas jembatan neraka.”
  2. Surah Ali Imran menjadi penolong bagi pembacanya pada Hari Pembalasan yang Agung. Rasulullah saw. bersabda, “Pelajari Surah Al-Baqarah dan Surah Ali Imran. Keduanya adalah dua bunga rampai (zahrawain). Keduanya akan memberikan perlindungan bagi pembacanya pada Hari Kiamat. (Kedua surah ini) seperti dua awan, dua kegelapan, atau dua kelompok burung yang melindungi pemiliknya.”
  3. Membaca Surah Ali Imran setiap Jumat memiliki keutamaan besar bagi pembacanya. Selama seseorang membaca surah ini, Allah swt. dan para malaikat-Nya akan mendoakan dan memberkahi orang tersebut hingga matahari terbenam. Hal ini dijelaskan dalam hadis dari Ibnu Abbas. Nabi saw. bersabda, “Siapa saja yang membaca Surah Ali Imran pada hari Jumat, Allah dan malaikat-Nya akan bershalawat padanya hingga matahari terbenam.
  4. Surah ini bersama dengan Surah Al-Baqarah dapat membantu menghilangkan dampak sihir. Dengan konsisten membaca atau mendengarkannya, seseorang dapat menjauhkan diri dari segala jenis sihir dan penyihir.
  5. Dari Utsman bin Affan ra., diriwayatkan oleh Ad-Darimi (3396), Rasulullah saw. bersabda, “Siapa saja yang membaca Surah Ali Imran pada malam hari, akan dicatatkan baginya pahala qiyamul lail (shalat malam).
  6. Surah Ali Imran juga dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan. Sebagaimana disebutkan oleh An-Nu’man bin Bashir. Rasulullah saw. bersabda, “Jika seseorang dari kalian meminta sesuatu, hendaklah ia melakukannya pada hari Kamis. Sebab Allah memberkahi umatku pada pagi hari Kamis. Hendaklah ia membaca Surah Ali Imran ketika keluar dari rumahnya. Sesungguhnya kami telah menurunkannya pada malam al-Qadar. Surah ini mengandung pemenuhan kebutuhan dunia dan akhirat.”

Manfaat Membaca Surah Ali Imran

Surah Ali Imran memiliki kedudukan yang agung di antara semua ayat Al-Quran dan surah-surah panjang. Diriwayatkan dari An-Nu’man bin Syam’un, ia berkata, “Aku mendengar Nabi berkata, ‘Al-Quran akan datang pada Hari Kiamat, dengan membawa Surah Al-Baqarah dan Ali Imran mendahuluinya.'” Ad-Darimi meriwayatkan dalam “Musnad” bahwa Utsman bin Affan berkata, “Siapa saja yang membaca Surah Ali Imran pada malam hari, akan dicatat baginya qiyamul laila (shalat malam).”

Abdullah bin Abbas, semoga Allah meridhai keduanya, menyebutkan dalam hadis Sahih, “Aku pernah menginap di rumah Rasulullah, lalu Rasulullah tidur. Ketika setengah malam atau sedikit sebelum atau sesudahnya, Rasulullah bangun dan membaca ayat-ayat dari akhir Surah Ali Imran.”

Surah Ali Imran juga disebut sebagai harta karun, aman, dan surah pengampunan. Hadis yang paling sahih tentang surah ini adalah sabda Rasulullah saw., “Bacalah kedua surah yang dianggap sebagai bunga rampai: Al-Baqarah dan Ali Imran.

Dari hadis sahih yang menyebutkan keutamaan surah Ali Imran, dari Abu Umamah Al-Bahili, ia berkata, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Quran, karena pada hari Kiamat nanti ia akan datang sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya. Bacalah kedua bunga rampai ini: Al-Baqarah dan surah Ali Imran, karena keduanya akan datang pada hari Kiamat seperti dua awan, atau dua gumpalan hitam, atau dua kawanan burung yang saling membela pemiliknya. Bacalah surah Al-Baqarah, karena mengambil manfaat darinya memberikan berkah, dan meninggalkannya memberikan kehampaan, dan tidak bisa ditanggung oleh penyihir.(HR. Muslim)

Surah Ali Imran dinamakan demikian karena mengisahkan kisah keluarga mulia bernama Imran,” yaitu orang tua Maryam, ibu Nabi Isa, dan keajaiban yang terungkap dalam kelahiran Maryam yang suci dan putranya Isa as.

Nama Lain Surah Ali Imran

Dalam surah Ali Imran terdapat banyak hukum dan hal-hal yang memberikan kepercayaan tambahan kepada manusia terhadap agama Allah, Kitab-Nya, dan ketenangan hati terhadap apa yang Allah sampaikan. Surah ini membahas banyak permasalahan yang seringkali menjadi keraguan bagi banyak orang, terutama mereka yang meragukan secara psikologis dan moral, serta keraguan terhadap agama.

Surah Ali Imran juga disebut sebagai Surah Al-Aman (Surah Keamanan), seperti yang diungkapkan oleh Imam Al-Qurtubi (semoga Allah merahmatinya), dan banyak mufassir setuju dengan pandangan ini bahwa surah ini disebut Surah Al-Aman. Banyak mufassir, selain dari Imam Al-Qurtubi, menyebut Surah Ali Imran sebagai harta karun (kunuz) dari harta karun-karun tersebut. Jika seseorang membaca Surah Ali Imran dalam satu malam, akan dicatatkan baginya sebagai orang yang melakukan qiyamul lail (shalat malam), dan jika dibaca dalam satu bacaan pada malam tertentu, akan dihitung sebagai qiyamul lail yang dilakukan selama satu malam penuh.

Dua Sumber Petunjuk

Surah Ali Imran turun seluruhnya di Madinah. Surah ini dinamai Ali Imran dan Al-Baqarah disebut sebagai Az-Zahrawain (dua bunga rampai), karena keduanya adalah dua sumber petunjuk yang membawa kebenaran dengan segala cahaya yang terkandung di dalamnya, atau karena membaca keduanya memberikan cahaya yang sempurna pada hari kiamat, atau karena keduanya berbagi nama Allah yang Maha Agung.

Dikisahkan oleh Abu Dawud, Ibn Majah, dan lainnya dari Asma’ bin Yazid bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Nama Allah yang Maha Agung terdapat dalam dua ayat ini: Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan selain-Nya, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Penyayang}, yang ada dalam Ali Imran, dan Allah, tidak ada Tuhan selain-Nya, Yang Maha Hidup, Yang Berdiri Sendiri, yang ada dalam Al-Baqarah.”

Dalam riwayat Al-Bukhari, Ibn Ishaq, Ibn Jarir, dan Abu Hatim, terdapat keterangan bahwa turunnya surah ini terkait dengan kunjungan wakil dari Najran, sebuah daerah di Yaman.

Para utusan Najran, yang mayoritasnya beragama Kristen, mengunjungi Rasulullah saw. dan menantangnya tentang Isa bin Maryam. Mereka bertanya tentang siapa ayah Isa dan menuduh-Nya berbicara dusta tentang Allah. Rasulullah saw. dengan bijak menjawab pertanyaan mereka dan menjelaskan kebenaran tentang Isa. Ketika mereka tetap mengingkari kebenaran, Allah menurunkan ayat-ayat awal dari Surah Ali Imran sebagai jawaban atas pertanyaan dan keraguan mereka.

Perbanyak Baca Zahrawain

Surah Al-Baqarah dan Ali Imran memiliki keutamaan dan pahala yang besar. Di dalamnya, disajikan banyak hukum bersama dengan ayat-ayat rukyah. Pada hari kiamat, kedua surah ini akan muncul sebagai awan di hadapan pemiliknya, memberikan perlindungan dan membela.

Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya. Bacalah surah Zahrawain (Al-Baqarah dan Ali Imran), karena keduanya akan datang pada hari kiamat seperti dua awan atau dua burung yang melindungi pemiliknya.” (HR. Muslim)

Salah satu keutamaan besar Surah Al-Baqarah adalah adanya Ayat Al-Kursi di dalamnya. Rasulullah saw. bersabda, “Siapa saja yang membaca Ayat Al-Kursi setelah setiap shalat yang telah ditentukan, maka ia akan masuk surga, kecuali jika ia mati sebelum itu.” (HR. An-Nasa’i)

Dan tidak kalah pentingnya, dua ayat terakhir dari Surah Al-Baqarah memiliki keutamaan yang besar. Diriwayatkan dari Abu Mas’ud ra., Rasulullah saw. bersabda, “Siapa saja yang membaca dua ayat terakhir dari Surah Al-Baqarah pada malam hari, itu akan mencukupi baginya.” (HR. Bukhari-Muslim)

SahabatQu, demikianlah uraian mengenai berbagai keutamaan surah Ali Imran. Semoga siapa pun yang mengamalkan dan rutin membacanya Allah berikan keutamaan dan manfaatnya.

2 thoughts on “Keutamaan dan Manfaat Membaca Surah Ali Imran”

  1. Terima kasih banyak atas informasinya yang sangat bermanfaat! Saya selalu menemukan berita yang relevan dan terkini di situs ini. Ngomong-ngomong, jika Anda sering memendekkan tautan, saya merekomendasikan layanan V.af. Saya telah menggunakannya dan merasa sangat efisien. Desainnya juga keren! Anda bisa cek di V.af. Terima kasih lagi untuk konten yang hebat di situs ini!

    Reply

Leave a Comment