Keutamaan dan Manfaat Membaca Surah Yusuf

5/5 - (2 votes)

GenQu Media—Surah Yusuf memuat salah satu kisah terindah dalam Al-Qur’an. Kisah perjalanan hidup Nabi Yusuf mengandung banyak pelajaran berharga. Membaca Surah Yusuf setiap hari memiliki banyak keutamaan.

Seperti apakah keutamaan dan manfaat membaca Surah Yusuf? SahabatQu dapat mengetahui lebih lanjut mengenai keutamaan surah ini sebagaimana GenQu Media lansir dari mowso3a.com.

Keutamaan Membaca Ini

Surah Yusuf memiliki tempat istimewa di antara surah-surah Makkiyah dalam Al-Qur’an. Surah ini merupakan surah ke-12 dalam urutan surah-surah Al-Qur’an. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk membaca Surah Yusuf setiap hari:

  1. Para sahabat sangat memperhatikan Surah Yusuf, terutama bagi mereka yang sedang menghadapi kesedihan dan kesulitan.
  2. Tidak ada hadis sahih dari Rasulullah saw. yang secara spesifik menyebutkan keutamaan Surah Yusuf. Namun banyak hadis yang beredar mengenai keutamaan surah ini adalah hadis-hadis lemah atau palsu.
  3. Namun, ada beberapa hadis yang menyebutkan keutamaan beberapa surah dalam Al-Qur’an. Nabi Muhammad saw. bersabda dalam sebuah hadis: “Aku diberi sebagai pengganti Taurat tujuh surah panjang. Sebagai pengganti Zabur surah-surah yang berisi seratus ayat. Sebagai pengganti Injil surah-surah yang diulang-ulang. Dan aku diberi tambahan dengan surah-surah pendek yang terperinci.”

Termasuk 7 Surah Terpanjang

Banyak ulama menegaskan manfaat membaca Surah Yusuf bagi mereka yang sedang mengalami kesedihan dan kesusahan. Sebab Al-Qur’an secara keseluruhan adalah penyembuh dan rahmat bagi manusia.

  1. Nabi Muhammad saw. memberitahukan bahwa Allah memberikan tujuh surah panjang sebagai pengganti Taurat. Surah-surah ini dimulai dari Surah Al-Baqarah hingga Surah At-Taubah.
  2. Allah Taala memberikan Nabi Muhammad saw. surah-surah yang berisi lebih dari seratus ayat sebagai pengganti Zabur, kitab yang diturunkan kepada Nabi Daud as.
  3. Surah-surah yang mengandung lebih dari seratus ayat ini disebut “al-miin”. Diperkirakan salah satunya adalah Surah Al-Kahfi, karena jumlah ayatnya melebihi seratus.
  4. Allah juga memberikan Nabi Muhammad -saw.- surah-surah pendek sebagai pengganti Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa -as. Surah-surah ini dikenal dengan sebutan “al-mathani”, yang mungkin merujuk pada Surah Al-Fatihah karena terdiri dari tujuh ayat dan dibaca berulang kali dalam shalat.
  5. Dengan mengatakan “fussilat bil-mufassal”, Nabi Muhammad saw. mengisyaratkan surah-surah pendek yang terperinci, yang dimulai dari Surah Al-Hujurat hingga akhir Al-Qur’an.

Surah Yusuf termasuk dalam surah al-miin, dengan jumlah ayat yang melebihi seratus, dan diturunkan kepada Rasulullah saw. pada tahun kesedihan. Surah Yusuf juga merupakan salah satu surah dan kisah terindah dalam Al-Qur’an, yang menceritakan tentang cobaan besar yang dialami Nabi Yusuf as. akibat tipu muslihat dan konspirasi saudara-saudaranya.

Sebab-Sebab Turunnya Surah Yusuf

Surah Yusuf
sumber: vecteezy.com

SahabatQu dapat memahami sebab-sebab turunnya Surah Yusuf melalui penjelasan berikut:

Allah swt. berfirman dalam kitab-Nya yang mulia: “(Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik),” di mana ayat ini turun ketika Nabi Muhammad saw. meminta para sahabat untuk menceritakan kepadanya sebuah kisah yang berbeda dari kisah-kisah para nabi.

Kemudian Allah swt. menurunkan wahyu dan memberitahu Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya yang saleh bahwa Al-Qur’an adalah kisah terbaik, dan kisah-kisah dalam Al-Qur’an adalah kisah yang paling baik, lalu menceritakan kepada mereka kisah yang agung ini.

Dikatakan bahwa surah ini diturunkan untuk menceritakan kepada Nabi Muhammad saw. tentang kisah Nabi Yusuf as. pada tahun kesedihan sebagai hiburan setelah wafatnya istrinya, Khadijah, dan pamannya, Abu Thalib.

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surah Yusuf bagi Orang yang Bersedih

Surah Yusuf memiliki keutamaan besar bagi orang yang sedang bersedih, karena diturunkan pada tahun kesedihan untuk menghibur Nabi Muhammad saw. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Surah Yusuf menjelaskan pengkhianatan yang dialami oleh Nabi Yusuf as. dari saudara-saudaranya. Surah ini dimulai dengan mimpi dan diakhiri dengan penafsiran mimpi tersebut.
  2. Surah Yusuf diturunkan pada tahun kesedihan, karena Nabi Muhammad saw. kehilangan dua orang yang sangat dekat dengannya, yaitu pamannya, Abu Thalib, dan istrinya, Khadijah binti Khuwailid – radhiyallahu ‘anha. Maka, Surah Yusuf diturunkan sebagai penghibur hati Nabi Muhammad saw.
  3. Banyak ulama Islam yang berpendapat bahwa Surah Yusuf mengandung rahasia besar dalam memudahkan urusan dan menghilangkan kesulitan. Mereka menyarankan siapa pun yang sedang mengalami kesulitan untuk membacanya.
  4. Beberapa sahabat dikenal memberikan tempat istimewa kepada Surah Yusuf, dan sangat menyukainya, terutama ketika membacanya dalam salat subuh.
  5. Di antara para sahabat tersebut adalah Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan. Al-Farazdaq bin Umair al-Hanafi menyebutkan bahwa dia berkata: “Aku tidak membaca Surah Yusuf kecuali dari bacaan Utsman bin Affan di pagi hari, karena seringnya dia mengulang-ulangnya.”
  6. Secara umum, membaca Al-Qur’an memberikan banyak manfaat bagi seseorang, termasuk memudahkan urusannya dan mewujudkan keinginannya.
  7. Tentunya, kita juga bisa membaca Surah Yusuf dengan niat untuk menikah, karena setiap amal tergantung pada niat pelakunya.
  8. Karena Surah Yusuf meringankan kesedihan dan menghilangkan kegelisahan orang yang sedang dalam kesulitan, kita juga bisa memanfaatkan keutamaannya untuk meringankan masalah pernikahan dan mendekatkan diri kepada Allah dengan surah ini.
  9. Ini adalah salah satu ayat Al-Qur’an yang menghilangkan kegelisahan, menenangkan jiwa, membawa ketenangan bagi pembacanya, dan memberikan kepuasan. Sangat mungkin bahwa mimpi dapat terwujud dengan membacanya.

Pelajaran dari Surah Ini

Ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari Surah Yusuf dan harus kita perhatikan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Pentingnya Menjaga Hubungan dengan Orang Lain

Terlepas dari apa yang terjadi, menjaga hubungan dengan orang lain adalah hal yang penting. Nabi Yusuf as. mengalami banyak kesulitan dari saudara-saudaranya yang merencanakan banyak tipu muslihat terhadapnya. Namun, Allah swt. berkehendak menyelamatkan Yusuf, dan pada akhirnya Yusuf menjadi seorang yang dihormati di Mesir.

Dampak Buruk dari Iri Hati dan Kebencian

Iri hati dan kebencian akhirnya akan membawa kerugian bagi pelakunya. Allah swt. membuat saudara-saudara Yusuf membutuhkan bantuannya setelah mereka memendam kebencian terhadapnya, dan mereka merasakan kehinaan sementara Yusuf diangkat derajatnya.

Bahaya Ketidakadilan dalam Keluarga

Ketidakadilan terhadap anak-anak dan memberikan perlakuan istimewa kepada salah satu dari mereka dapat menimbulkan iri hati dan permusuhan di antara mereka serta merusak hubungan kasih sayang.

Bahaya Ketergantungan Berlebihan kepada Selain Allah

Ketergantungan yang berlebihan kepada selain Allah dan cinta yang berlebihan adalah berbahaya. Ketika Nabi Ya’qub terlalu mencintai anaknya, Yusuf, dia dipisahkan darinya. Allah cemburu terhadap hamba-hamba-Nya, sehingga kita tidak boleh berlebihan dalam mencintai sesuatu agar tidak terluka oleh hal tersebut.

Pentingnya Meneladani Nabi Yusuf as.

Nabi Yusuf as. adalah teladan yang harus diikuti. Allah swt. berfirman: “Dan ketika ia telah dewasa, Kami berikan kepadanya hikmah dan ilmu. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Kemenangan dari Allah Datang dengan Alasan yang Bijak

Allah swt. tidak menunda kemenangan kecuali dengan alasan yang bijak dan untuk membedakan antara yang benar dan yang salah. Allah swt. berfirman: “Hingga apabila para rasul tidak mempunyai harapan lagi dan mereka telah menyangka bahwa mereka telah didustakan, datanglah kepada mereka pertolongan Kami, lalu diselamatkan orang-orang yang Kami kehendaki. Dan siksaan Kami tidak dapat ditolak dari orang-orang yang berdosa.”

Pentingnya Pendidikan yang Baik dan Akhlak Mulia

Pendidikan yang baik, akhlak yang mulia, ketaatan kepada agama, kesabaran dalam mencari kemenangan, dan kejujuran adalah sangat penting. Nabi Yusuf as. dibesarkan dengan nilai-nilai yang luhur dan sifat-sifat yang baik.

SahabatQu, demikianlah penjelasan mengenai keutamaan dan manfaat membaca Surah Yusuf. Semoga uraian dalam artikel ini memotivasi seluruh kaum muslim untuk senantiasa akrab dan dekat dengan Surah Yusuf.

Leave a Comment