Penaklukan Labirin Pikiran: Ulasan Buku Overthinking

5/5 - (1 vote)

GenQu Media—Alvi Syahrin, penulis asal Ambon yang telah menulis tiga buku dengan judul yang menarik, yaitu Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta, Jika Kita Tak Pernah Menjadi Apa-Apa, dan Jika Kita Tak Pernah Baik-Baik saja, berhasil menarik khalayak umum terutama generasi muda dengan karya-karyanya.

Overthinking is My Hobby

Alvi dengan buku-bukunya selalu berhasil menyentuh hati pembacanya. Bahkan, setelah dua tahun sebelumnya Alvi menulis buku insecurity dan loneliness yang bertema selfhealing, di tahun ini Alvi kembali menerbitkan buku baru dengan tema sama yang berjudul Overthinking is My Hobby, and I Hate it.

Kayak Gimana Isinya?

Buku yang berisi sepuluh bab ini mengajak pembaca untuk berdialog secara tidak langsung dalam menjawab berbagai overthinking yang ada di pikiran pembaca. Adapun topik sepuluh bab itu, diantaranya:
1. Aku malu, takut, kecewa kalau gagal lagi.
2. Gimana kalau aku nggak jadi apa-apa di masa depan?
3. Gimana kalau aku nggak bisa memenuhi ekspektasi keluarga?
4. Gimana kalau aku salah ambil keputusan?
5. Gimana kalau aku nggak sanggup sama kehidupan di masa depan?
6. Gimana kalau aku memang nggak berbakat, berpotensi, dan berguna?
7. Gimana kalau dia ninggalin aku? Menggantikan aku?
8. Gimana kalau aku memang nggak layak dicintai?
9. Tuh, kan, beneran kejadian lagi…
10.Cara bisa tidur dengan kepala yang berisik

Di mulai dari overthinking perihal masa depan, teman, sahabat, cinta, nilai diri, dan kebahagiaan sobat Genqu akan diajak membunuh rasa overthinking yang bersemayam di pikiran.

Suara-suara berisik yang dituliskan Alvi juga tidak hanya berasal dari pikirannya saja. Alvi juga mengajak pengikut instagramnya untuk berpartispasi menuliskan suara-suara berisik yang ada di pikiran meraka.
Aku malu, takut, kecewa, dan gagal lagi menjadi pikiran berisik pertama yang dituliskan Alvi di buku tersebut. Penempatan topik itu di posisi pertama karena mungkin hal itu menjadi topik yang banyak melanda para generasi muda.

MotivasiQu: Cara Islami Atasi Overthinking

Keunggulan Buku

Setiap buku yang ditulis Alvi selalu memotivasi pembaca untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Nilai-nilai moral selalu terkandung di dalam tulisan Alvi, sehingga akan membuat SahabatQu termotivasi untuk mengupgrade diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Buku ini ringan dan menarik sekali karena kalimat yang ditulis Alvi pada setiap halamannya terkadang hanya berisi beberapa kalimat saja dan juga dengan bahasa yang ringan. Hal itu akan membuat sobat genqu dapat dengan mudah untuk memahami isi buku tersebut.
Semua permasalahan yang dibahas Alvi di buku ini selalu relate dengan kehidupan, terutama untuk generasi Z. Ditambah semua permasalahan itu disajikan Alvi dengan penuh dialog yang membuat ShabatQu tak perlu pusing untuk memahami isi buku ini.

Menariknya lagi, setiap permasalahan yang disajikan, akhir dari penyelesaiannya itu selalu dikaitkan dengan Sang Pencipta, Allah swt. Sehingga ketika membaca buku ini, auto menambah nilai spritualitas dalam diri SahabatQu.

Muslim Hack: Wujudkan Mimpi dengan Shalat Hajat, Inilah Tata Caranya

Quotes Memorable

Beberapa kalimat yang paling memorable di buku ini diantaranya:

“Semakin kamu berjuang untuk mendapatkan cinta Allah, semakin kamu akan merasa dicintai.”
“Dan, inilah mengapa kita sellau overthinking tentang dia: Cinta kepadanya lebih besar dibandingkan cinta kita kepada Allah.”

“Allah tidak pernah kekurangan hamba-hambanya yang lebih baik, lebih menghargai, lebih penyayang.”

Beberapa kalimat itu menjadi hal yang bisa menjadi motivasi untuk menaklukkan labirin overthinking di dalam pikiran SahabatQu. Relevansi isi buku Alvi dengan nilai-nilai Islami selalu menjadi nilai plus bagi karya-karyanya.

Selain itu, buku ini juga bisa menjadi pengingat bagi SahabatQu di kala futur. Adapun futur sendiri disebabkan dari diri kita yang jauh dengan Allah swt. Maka, dengan membaca buku ini, bisa menjadi salah satu cara SahabatQu untuk selalu mengingat Allah dalam situasi atau kondisi apa pun.

StoryQu: Dr. Muhammad Kamal Ismail, Arsitek Brilian Tanpa Bayaran

Spesifikasi Buku

Judul buku: Overthinking is My Hobby, and I Hate it.
Penulis : Alvi Syahrin
ISBN : 9786239700232
Penerbit : Alvi Ardhi Publishing
Jumlah Halaman : 268 Halaman

Bagi kamu yang tertarik buku, segera miliki bukunya sekarang juga.

Leave a Comment