4 Cara Mendapatkan Jodoh Terbaik

5/5 - (1 vote)

GenQu Media—Seorang member akhwat di Grup WhatsApp Rumah Sakinah mengajukan pertanyaan: gimana cara mendapatkan jodoh terbaik?

Kakak yang baik, mungkin saat ini Kakak sedang berikhtiar untuk mendapatkan jodoh. Menemukan jodoh terbaik tentu menjadi impian semua orang, termasuk Kakak. Mendapatkan jodoh atau memiliki pasangan juga menjadi salah satu bagian dari ibadah untuk menyempurnakan agama kita karena menikah itu adalah setengahnya dari ibadah.

Dengan menikah, mendapatkan jodoh atau pasangan yang halal kita sudah tepat dam menyalurkan ghrizatun nau’ atau naluri seksual (melestarikan jenis). Namun pada kenyataannya, untuk bisa mendapatkan jodoh terbaik sesuai dengan ekspektasi kita, bisa mudah dan bisa juga chalangging.

Banyak Berdoa & Perbarui Mindset

Semua relatif, tergantung pada bagaimana mindset kita terhadap jodoh itu sendiri. Kita sebagai Muslim tentu referensinya adalah Islam. Ketika ingin mendapatkan jodoh yang terbaik yang pertama dilakukan adalah kita selalu mendekat kepada Allah (taqarrub ilallah) yang memiliki yang menggenggam hati setiap insan, termasuk hati sang jodoh yang bakal Allah pertemukan dengan Kakak.

Memintalah kepada Allah dan lakukan dengan doa yang lebih spesifik. Misal ingin mendapatkan calon suami itu strata pendidikannya apa pekerjaannya apa, dan seterusnya sampai sedetail mungkin. Doa seperti itu sangat dibolehkan. Berdoalah dengan cara yang detail supaya Allah tahu seperti apa sebenarnya suami atau pasangan kita mau. Dengan cara ini, moga-moga Allah pun akan makin mendekatkan calon suami itu sesuai dengan kriteria yang kita tetapkan.

Itu yang pertama, banyak berdoa dan perbarui mindset agar dipertemukan dengan sosok yang sesuai dengan kriteria dan impian kita.

Ikhitar Syar’i

Selanjutnya yang kedua adalah melakukan ikhtiar syar’i. Proses ini tentu harus dilakukan dengan mengikuti aturan Islam.

Langkah awal bisa dimulai dengan proses taaruf atau mengenal calon. Untuk bisa ke tahap taaruf ini tentu kita harus mencari kandidatnya. Kandidatnya itu bisa banyak gitu dan Kakak bisa mendapatkan kandidat ini dari berbagai macam jalan, mulai dari mungkin ada yang dari kenalan orang tua, guru kita atau dari siapa pun.

Kalau sudah mendapatkan calon pasangan yang tepat dari para kandidat itu kita bisa mulai menjajaki lebih jauh ke tahap yang berikutnya, yaitu tahap khitbah. Di tahap khitbah ini sudah lebih serius mengarah ke bagaimana rencana rencana ke depan dengan calon pasangan agar bisa membina rumah tangga yang samawa (sakinah mawadah warahmah). Jika sudah memasuki tahap khitbah berarti selanjutnya adalah tahap menikah.

Kurang lebih seperti itu gambaran cara-cara untuk bisa mendapatkan jodoh secara islami atau secara syar’i. Dengan mengikuti langkah-langkah ini semoga Kakak bisa mendapatkan jodoh terbaik.

Positive Thinking

Kemudian ada hal yang tak kalah penting, yaitu tetap berpikir positif. Dalam sebuah hadis qudsi diriwayatkan Abu Hurairah ra. berkata bahwa Nabi saw. bersabda, Allah Taala berfirman:

أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي

Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi, tetap pertahankan untuk berpikir positif. Kalau sudah berpikir positif yang baik-baik tentu yang positi-positif akan datang menghampiri kita. Sebaliknya kalau kita berpikir negatif berarti yang negatif-negatif bakal dekat dan datang ke kita.

Kalau mikirnya mendapatkan jodoh itu susah alias sulit maka sebenarnya kita sedang menarik perkara yang sulit/susah. Itu karena di dunia ini berlaku hukum low of attraction. Maka tariklah yang positif-positif berpikirlah bahwa jodoh akan datang sebentar lagi. Tanamkan di alam bawah sadar, hujamkan ke dalam hati bahwa Allah akan memudahkan jodoh kita.

Siapkan Mental

Terakhir, perlu juga untuk menyiapkan mental karena bisa jadi dalam beberapa proses yang kita jalankan sekalipun itu kita sudah menjalani secara syar’i Allah lantas menguji kita keseriusan kita untuk mendapatkan jodoh dengan memunculkan kendala.

Ketika kita menemukan kendala, jika mental kita sudah kuat kita akan jauh lebih strong menghadapi masalah apapun. Tentu kita juga memohon kepada Allah semoga bisa dikuatkan hati untuk bisa menghadapi dan menyelesaikan kendala apa pun yang ada saat berusaha mendapatkan jodoh terbaik.

Mungkin itu tipsnya ya, Kak. Semoga Allah memudahkan Kakakuntuk bisa mendapatkan jodoh impian. Ya Allah, bila masih terasa jauh, mohon dekatkanlah jodoh impian Kakak dan siapa pun yang membaca tulisan ini. Amin, ya Rabb…

Leave a Comment