Inilah Cara Meraih Kehidupan yang Baik Menurut Islam

Kasih bintang post

GenQu Media—SahabatQu, saat ini mungkin kamu merasa hidupmu sedang tidak baik-baik saja. Kamu merasa hidupmu kok gitu-gitu aja, ngerasa sulit, terhimpit, dan nggak merasakan satu pun kebaikan yang bisa kamu rasakan dalam keseharianmu. Mengapa bisa demikian?

Boleh jadi, ada mindset dalam pikiranmu yang perlu dibenahi. Harus kita sadari, bahwa mindset akan menentukan segalanya. Sehingga, ketika dibenahi, kamu bisa menemukan makna sejati dari hidup yang kamu jalani saat ini.

Makna Kehidupan yang Baik

Coba kita renungkan dalam-dalam, apa sih sebenarnya kehidupan yang baik itu? Apa mungkin selama ini, kita memaknainya terlalu fokus pada makna yang kita buat sendiri. Padahal siapa kita, kita nggak tahu apa-apa tentang hidup ini. Sebenarnya yang berhak memberikan makna kehidupan yang baik hanyalah Allah, Sang Pencipta Alam Semesta. Dia telah menetapkan makna tersebut dalam aturan-Nya, yaitu Syariat Islam.

Menurut syariat Islam, makna kehidupan yang baik melibatkan pemahaman dan pengabdian kepada Allah (Tuhan) serta menjalankan ajaran-Nya dengan sebaik-baiknya. 

Mengenal Allah dan Hanya Beribadah Kepada-Nya

SahabatQu, sebagai makhluk, sudah selayaknya kita mengenal siapa pencipta kita. Tiada lain Allah-lah Sang Khalik yang hanya kepada-Nya kita menyembah. Kita wajib mengakui keesaan-Nya, memahami ajaran-Nya yang terkandung dalam Al-Qur’an, dan berusaha mempraktikannya dalam setiap aspek kehidupan.

Sebagai hamba-Nya, kita wajib menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, baik dalam bentuk ibadah mahdhah (langsung) maupun ghair mahdhah. Kita wajib menunaikan shalat, puasa, zakat, dan haji dan pada saat yang sama kita juga wajib berekonomi atau bermuamalah sesuai aturan Islam, menjauhi riba, bergaul secara syar’i, berpolitik secara islami, serta menjauhi segala macam perbuatan dosa dan maksiat.

Memperbaiki Diri dan Masyarakat

Islam mendorong umatnya untuk memperbaiki diri sendiri dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang baik. Ini melibatkan mengembangkan akhlak yang baik, menjaga hubungan yang harmonis dengan sesama, membantu yang membutuhkan, dan berusaha menciptakan kedamaian dan keadilan di masyarakat.

So, kita tidak hanya berfokus memperbaiki diri atau mensalehkan diri, tetapi juga harus berjuang untuk mensalehkan masyarakat, memperbaiki tatanan sosial yang selaras dan sejalan dengan Al-Qur’an dan sunnah.

SahabatQu Baca Juga: Sering Merasa Kehilangan Arah Hidup, Inilah Tujuan Hidup dalam Islam Menurut Al-Qur’an

Perspektif Akhirat

Islam mengajarkan bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara, sedangkan kehidupan akhirat adalah abadi. Memahami kenyataan ini, maka orientasi yang seharusnya dimulai dari akhirat yang abadi. Kita beramal di dunia ini sebagai bekal nanti di akhirat. Jangan sampai, terlalu fokus mengejar dunia, sampai lupa akhirat. Namun, kalau kita fokus mengejar akhirat, insya Allah dunia sudah pasti dapat.

So, makna kehidupan yang baik dalam Islam melibatkan persiapan untuk akhirat dengan melakukan amal saleh, beribadah kepada Allah dengan ikhlas, dan berharap memperoleh kebahagiaan di surga-Nya.

Makna kehidupan yang baik dalam Islam bersifat holistik, mencakup hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesama manusia. Dengan menjalankan ajaran-ajaran Islam, kita akan mencapai kehidupan yang bermakna baik di dunia dan akhirat.

Meraih Rida Allah

SahabatQu, meraih ridha Allah adalah tujuan utama bagi setiap Muslim. Satu hal yang mesti kita ingat, ridha Allah itu akan selalu kita dapatkan selama kita berada di jalur taat kepada-Nya. Sebaliknya, bila kita melenceng ke jalur maksiat dan dosa, maka Allah pun akan menarik rida-Nya dan mengubahnya menjadi murka. 

Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu kita meraih ridha-Nya agar mendapatkan kehidupan yang baik:

Melaksanakan Perintah Allah dan Menjauhi Larangan-Nya

Ini adalah harga mati bagi seorang hamba. Keimanan kita akan semakin teruji jika kita banyak melaksanakan perintah (taat) dan menjauhi larangan-Nya (menjauhi maksiat).

Karenanya semakin banyak taat melalui ibadah, doa, zikir, membaca Al-Quran, dan senantiasa mengaji Islam lebih dalam akan semakin memperkukuh karakter kita sehingga bisa menjadi muslim yang mampu meraih ridha-Nya.

Selain taat dalam bentuk ibadah langsung kepada Allah, kita juga harus senantiasa menjaga hubungan kita dengan sesama dengan bingkai yang sesuai ajaran Islam. Dengan begitu, rida Allah pun akan kita dapat dari interaksi dan hubungan yang baik dengan sesama.

Tawakal dan Sabar

Tawakal, yaitu berserah diri sepenuhnya kepada kehendak Allah, dan sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian hidup juga merupakan kunci meraih ridha Allah. Ketika menghadapi kesulitan atau rintangan, tetap bersabar dan percaya bahwa Allah memiliki rencana yang lebih baik. Mengandalkan Allah dalam setiap situasi dan menerima takdir-Nya dengan ikhlas akan mendekatkan diri kepada ridha-Nya.

Dengan demikian, tawakal dan sabar selalu diperlukan dalam berbagai situasi dan menjadi kunci agar Allah rida dalam segala tutur dan perbuatan kita.

Menjaga Keikhlasan

Memperbaiki niat dalam setiap amal perbuatan dan menjaga keikhlasan dalam beribadah adalah penting dalam meraih ridha Allah. Menghindari riya’ (pamer) dan sum’ah (mencari popularitas) dalam ibadah serta berusaha melaksanakan tindakan hanya karena Allah semata akan membuat amal perbuatan lebih bernilai di sisi-Nya. Lakukanlah semuanya dengan lillah (karena Allah).

Meraih rida Allah merupakan perjalanan panjang dan terus-menerus. Melalui upaya konsisten dalam meningkatkan hubungan dengan Allah dan berusaha untuk memenuhi kehendak-Nya, kita dapat mengharapkan untuk meraih rida Allah dalam kehidupan ini dan juga di akhirat.

SahabatQu Baca Juga: 11 Fungsi Al-Qur’an dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tips Islami Meraih Kehidupan yang Baik

Sahabatku, jadikan hidupmu lebih baik dan bermakna bersama Islam. Ikuti beberapa tips yang dapat membantumu meraih kehidupan yang baik:

Mendalami dan Mengamalkan Syariah Islam

Mempelajari dan memahami ajaran Islam adalah langkah penting dalam meraih kehidupan yang baik. Bacalah Al-Qur’an dengan pemahaman, pelajari sunnah Nabi Muhammad, dan ikuti teladan para ulama saleh. Mulai sekarang juga, amalkanlah semuanya dalam kehidupan sehari-hari.

Konsisten beribadah

Jadikan ibadah sebagai inti kehidupanmu. Tetaplah melaksanakan shalat lima waktu dengan khusyuk, menjalankan puasa di bulan Ramadan, berzakat, dan berusaha menunaikan haji jika mampu. Selain ibadah wajib, tambahkan pula ibadah sunnah, seperti tahajjud, zikir, doa, dan puasa sunnah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Hiasi Diri dengan Akhlak Mulia

Islam mengajarkan pentingnya menjaga akhlak yang baik dalam hubungan dengan Allah dan sesama manusia. Usahakanlah dengan berlaku keras pada diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang jujur, adil, sabar, rendah hati, dan memaafkan. Berlaku baik kepada keluarga, tetangga, teman, dan semua orang di sekitarmu.

Menjaga Sikap dan Perilaku

Hindarilah perbuatan dosa dan maksiat yang dilarang dalam Islam. Jauhilah dosa seperti berbohong, mencuri, berzina, meminum minuman keras, dan perilaku negatif lainnya. Perhatikan juga hal-hal yang tampaknya kecil, seperti menjaga adab berbicara, menjaga pandangan mata, dan menghindari ghibah (menggunjing).

SahabatQu Baca Juga: 7 Kunci Rahasia Surah Al-Fatihah, Manfaat Banget Dunia-Akhirat

Rajin Menuntut Ilmu

Islam sangat mendorong kita untuk mencari ilmu. Pelajarilah ilmu agama secara mendalam, tetapi jangan lupakan pula ilmu-ilmu dunia yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Tingkatkan dirimu melalui pendidikan dan pengembangan diri yang berkesinambungan.

Membantu Sesama dan Berkontribusi

Islam mendorong untuk saling membantu dan berkontribusi dalam masyarakat. Bantulah mereka yang membutuhkan, berikan sedekah kepada yang kurang mampu, dan berpartisipasilah dalam kegiatan amal. Jalin hubungan yang baik dengan tetangga, serta berperan aktif dalam membangun masyarakat yang islami.

Dunia Dapat, Akhirat Juga Dapat

Islam mengajarkan pentingnya menjaga keseimbangan antara dunia dan akhirat. Berusaha untuk mencapai kesuksesan dunia melalui jalan yang halal sebagai bagian dari persiapan untuk kehidupan akhirat yang abadi.

SahabatQu, meraih kehidupan yang baik dalam Islam memerlukan komitmen dan usaha yang konsisten dalam mengamalkan syariat yang termaktub dalam Al-Qur;an dan sunnah. Dengan menjalankan tips-tips di atas, semoga kita dapat mencapai kehidupan yang bermakna dan mendapatkan rida Allah di dunia dan akhirat.

Leave a Comment