Kalo Ngerasa Sendiri, Gimana Solusinya?

Sebenarnya masalah pasti ada, tanpa melihat usia. Hanya saja makin ke sini bisa kita lihat kalau remaja sekarang lebih mudah merasa sendiri.
Total
1
Shares
Sendiri
sumber: canva
4.6/5 - (12 votes)

GenQu Media—Ngerasa nggak sih guys, kebanyakan remaja di zaman sekarang tuh selalu ngerasa sendiri. Ngak ada someone yang selalu ada buat dia. Saat dia lagi ngerasa banyak masalah semisal galau, sakit hati, sedih dan masih banyak lagi masalah yang dialami remaja.

Banyak yang Ngerasa Sendiri

Sebenarnya masalah pasti ada, tanpa melihat usia. Hanya saja makin ke sini bisa kita lihat kalau remaja sekarang lebih mudah merasa sendiri. Akhirnya ketika menghadapi masalah dia akan lebih mudah putus asa dan stress.

Hal ini bisa kita lihat dari status yang bertebaran di sosmed mulai dari Instagram, Tiktok, Facebook dan lainnya.  Bahkan lagu yang banyak disukai pasti lagu yang bernada slow yang isinya tentang kesedihan dan putus asa.

Tapi sedihnya, hal yang membuat remaja sekarang ini galau ya tidak jauh dari masalah percintaan. Padahal ya belum masanya remaja itu disibukkan dengan perasaan cinta apalagi disibukkan dengan masalah percintaan. Fakta berikutnya adalah banyak remaja yang mempermasalahkan cara didik orang tuanya yang lebih sering tidak sesuai dengan harapan mereka. Sebenarnya ada banyak fakta lagi di sekitar kita yang menggambarkan masalah-masalah yang dialami remaja saat ini.

Iqra! Bagaimana Ta’lim al-Muta’alim Mendidik Para Pencari Ilmu?

Kasus Bunuh Diri

Pada kanal-kanal berita juga bisa kita lihat berita ada banyak kasus dimana remaja bunuh diri akhir-akhir ini. Alasannya beragam, karena merasa putus asa atau merasa masalahnya begitu besar hingga nekat bunuh diri.

Misalnya dilansir dari detikjateng.com, seorang siswa di Demak gantung diri menggunakan kabel charger usai pesannya tak dibalas. Juga pada tanggal 29 mei 2023 dikabarkan bahwa seorang pemuda yang nekat nyebur ke laut karena depresi. Bahkan di Sumedang ada seorang pemuda yang melakukan mencoba bunuh diri dengan memanjat tiang tower listrik, astaghfirullah.

Dari beberapa fakta di atas tentu membuat kita sedih dan miris. Padahal meskipun kita lagi banyak masalah mulai dari masalah kecil sampai masalah yang besar berdasarkan penilaian kita, sebenarnya kita bisa banget melewatinya. 

Kita Nggak Sendiri

Tentu kita nggak sendiri. Ada yang selalu ada di sisi kita. Menemani dan siap memberikan solusi. Hanya saja menunggu kita mendatangi Dia. Siapakah dia ?Yup betul, Dia adalah Allah swt. Dalam Quran surah Al-Baqarah ayat 186, Allah pun sudah menjawab pertanyaan hamba-Nya yang mencari keberadaan-Nya.

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran. (QS. Al-Baqarah: 186)

MotivasiQu: Tips Islami Hidup Bahagia: Bebas dari Tekanan & Kecemasan

Jadi Allah itu tuh selalu dekat bersama kita meskipun kita tidak melihat-Nya. Allah pun selalu ada di sisi kita dan sangat dekat dengan kita. Bahkan dalam Al-Qur`an surah Qaaf ayat 16 disebutkan bahwa Allah itu dekat lebih dekat dari urat leher kita sendiri loh.

Jangan pernah jauh dari Allah. Karena sungguh kita itu tidak bisa jauh dari-Nya jika kita mencari kebahagiaan yang hakiki. Hanya Allah yang tau apa yang terbaik bagi kita. Apa saja yang membuat kita terjaga membuat kita merasa tenang dan apa saja yang membuat kita bahagia.

Jangan lupain juga Allah itu baik banget loh. Meski kita selalu bermaksiat, Allah selalu menunggu kita bertaubat. Bahkan akan selalu menerima taubat kita tanpa peduli itu maksiat yang ke berapa atau taubat yang ke berapa. Allah selalu memaafkan apapun kesalahan yang kita lakukan yang penting kita mengakui dan mentaubatinya. Bahkan Allah masih memberi kita kenikmatan meski saat itu kita melakukan maksiat, Subhanallah.

Muslim Hack: Merindu Baginda Nabi? Amalkan 7 Shalawat Ini

Jadi, no debat. Untuk kita sebagai hamba Allah yang mempercayai-Nya jangan lagi galau, strees apalagi putus asa terhadap pertolongon Allah ya. No feeling lonely lagi karena Allah itu dekat. Kita hanya perlu berbalik arah kembali ke Allah. Mengakui kesalahan kita karena kita sempat lupa bahwa kita punya Allah. Ingat, Allah Maha Besar yang artinya tidak ada yang lebih besar dari Allah termasuk masalah kita.

Inget ya guys, Allah dulu Allah lagi Allah terus. Semoga Allah mudahkan kita menyelesaikan apapun masalah kita dengan solusi dari Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like