Self Healing dalam Islam untuk Kesehatan Mentalmu

Kasih bintang post

GenQu Media—SahabatQu pasti pernah mendengar istilah self healing kan? istilah ini belakangan ini sangat hype dan ramai diperbincangan di mana-mana, mulai dari artikel, buku, media sosial, dan masih banyak lagi. Sebenarnya apa sih self healing itu?

Pengertian Self Healing

Self healing adalah proses menyembuhkan diri sendiri dari luka batin yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti trauma, stres, kecemasan, dan depresi.

Dalam dunia psikologi, istilah “self healing” merujuk pada upaya seseorang untuk menyembuhkan diri sendiri secara psikologis dan emosional. Dengan memandangnya dari sudut pandang keilmuan, self healing adalah proses penyembuhan yang dipicu oleh motivasi internal dan sering kali terkait dengan gangguan psikologis atau trauma.

Tujuan dari self healing adalah untuk mengenali diri sendiri dengan lebih baik dan mengembangkan cinta pada diri sendiri (self love). Dengan demikian, self healing dapat membantu individu menjadi lebih kuat dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan.

Siapa yang membutuhkan self healing?

Setiap individu pasti pernah menghadapi kegagalan, merasa berada pada titik terendah, merasa putus asa, atau mengalami stres. 

Keadaan-keadaan tersebut dapat sangat mengganggu dan berdampak negatif pada aktivitas sehari-hari, seperti kehilangan fokus, menghindari tanggung jawab, pekerjaan yang terbengkalai, atau bahkan menarik diri dari lingkungan sosial. Jika SahabatQu mengalami situasi-situasi seperti itu, kemungkinan besar SahabatQu membutuhkan self healing!

Self healing menjadi komponen penting dalam menjaga kesehatan mental, dan berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh melalui praktik self healing:

  1. Memperbaiki mood dan suasana hati.
  2. Membantu mengurangi tingkat kecemasan.
  3. Membantu mengatasi perasaan depresi.
  4. Meningkatkan kondisi fisik individu, termasuk kualitas tidur yang lebih baik dan penguatan sistem kekebalan tubuh.
  5. Meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Artikel FYI: 7 Keutamaan Bulan Muharram & Amalan yang Dianjurkan

Self Healing dalam Islam

Self Healing dalam Islam
sumber: canva.com

Self healing merupakan proses penyembuhan diri sendiri dari luka batin, baik yang disebabkan oleh trauma, pengalaman buruk, atau masalah psikologis lainnya. Lantas bagaimanakah self healing dalam Islam?

Dalam Islam, self healing juga sangat dianjurkan. Allah swt. berfirman dalam Al-Qur’an:

“Allah mengeluarkan orang-orang yang beriman dari kegelapan kepada cahaya (iman). Dialah penolong para mukmin.”
(QS. Al-Baqarah [2]: 257)

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah swt. adalah sumber cahaya dan ketenangan bagi orang-orang yang beriman. Ketika kita mengalami masalah atau kesulitan, kita dapat memohon pertolongan kepada Allah. Allah akan memberikan kita kekuatan dan keyakinan untuk menghadapi masalah tersebut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk self healing dalam Islam. Di antaranya:

Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an itu kalamullah yang menjadi panduan sekaligus jawaban dari masalah apapun yang kita temu dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur’an dapat menjadi sumber kekuatan dan ketenangan bagi umat Islam. Ketika membaca Al-Qur’an, kita dapat merasakan kedamaian dan ketenangan yang luar biasa. Hal ini karena Al-Qur’an mengandung banyak ayat yang dapat menyejukkan hati dan pikiran.

Mendirikan Shalat

Shalat dapat membantu kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya. Ketika shalat, kita dapat melupakan segala masalah yang kita hadapi dan hanya fokus kepada Allah swt. Menunaikan shalat dapat membantu siapa pun yang tengah dalam kondisi stres, cemas, atau masalah masalah psikologis lainnya.

Berzikir

Mengingat Allah (berzikir) dapat dilakukan dengan mengucapkan kalimat tasbih, tahmid, atau tahlil, seperti subhanallah, alhamdulillah, Allahu akbar, atau La ilaha illallah. Berzikir dapat membantu kita untuk menenangkan hati dan pikiran, serta meningkatkan rasa syukur kepada Allah swt.

Berdoa

Ketika berdoa, kita dapat menyampaikan segala permohonan dan harapan kita kepada Allah swt. Doa dapat membantu kita untuk meringankan beban yang kita hadapi dan mendapatkan solusi dari Allah swt.

Artikel Muslim Hack: Inilah Panduan Praktis Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah

Melakukan Aktivitas yang positif

Aktivitas yang positif dapat membantu kita untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres. Beberapa kegiatan yang positif yang dapat dilakukan untuk self healing dalam Islam, di antaranya:

  1. Membaca buku
  2. Berkebun
  3. Berolahraga
  4. Mendengarkan musik
  5. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman
  6. Melakukan perjalanan

Bagaimana Para Nabi Melakukan Self Healing

Self healing adalah proses yang penting untuk menjaga kesehatan mental dan spiritual. Dengan melakukan self healing, kita dapat mengatasi masalah yang kita hadapi dan menjalani hidup yang lebih bahagia dan sejahtera. Berikut adalah kisah inspiratif tentang self healing dalam Islam:

Kisah Nabi Ayub as.

Nabi Ayub as. diuji Allah dengan penyakit yang sangat parah, hingga seluruh hartanya habis dan keluarganya meninggalkannya. Namun, beliau tetap sabar dan tawakal kepada Allah swt. Beliau tidak pernah mengeluh atau marah kepada-Nya. Akhirnya, Allah menyembuhkan Nabi Ayub as. dan memberikannya kembali semua yang telah hilang.

Artikel NetQu: GenQu Media, Sahabat Literasi Muslim Muda

Kisah Nabi Yusuf as.

Nabi Yusuf as. adalah seorang nabi yang juga diuji oleh Allah wwt. Beliau diuji dengan dipenjara oleh saudara-saudaranya. Namun, Nabi Yusuf as. tetap sabar dan tawakal kepada Allah swt. Beliau tidak pernah mengeluh atau marah kepada Allah. Akhirnya, Allah mengangkat derajat Nabi Yusuf as. menjadi seorang raja.

Kisah Nabi Ayub as. dan Nabi Yusuf as. menunjukkan bahwa Allah swt. selalu bersama orang-orang yang sabar dan tawakal. Ketika kita mengalami masalah, kita tidak boleh menyerah. Kita harus terus bersabar dan bertakwa kepada Allah swt. Dia pasti akan membantu kita untuk mengatasi masalah tersebut.

Self healing itu proses yang penting untuk menjaga kesehatan mental dan spiritual. Dengan melakukan self healing, kita dapat menjalani hidup yang lebih bahagia dan sejahtera. Self healing dalam Islam pun akan sangat efektif dan berdampak positif jika dilakukan secara konsisten dan ikhlas karena Allah. Semoga artikel ini membantu SahabatQu untuk bisa melakukan self healing berdasarkan nilai-nilai Islam.

Leave a Comment