10 Amalan Terbaik di Hari Asyura yang Dianjurkan oleh Nabi

Kasih bintang post

GenQu Media—SahabatQu, ada banyak momentum dalam Islam. Ada satu momen yang yang menghadirkan keberkahan, yakni Hari Asyura. Hari istimewa ini merupakan momen bersejarah yang penuh berkah dan inspirasi.

Pada kesempatan istimewa ini, mari kita eksplorasi apa saja amalan terbaik yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. Setiap amalan membawa pesan mendalam dan keberkahan, mengisi jiwa dengan semangat cinta-Nya.

Bersama-sama, kita mengikuti jejak kekasih Allah dan merenungkan makna di balik 10 amalan pilihan yang membawa cahaya kehidupan tanpa batas. Berikut 10 amalan terbaik di hari Asyura sebagaimana dikutip dari elbalad.news:

Berpuasa Hari Asyura

Puasa Asyura merupakan salah satu rangkaian dari Puasa Muharram. Dianjurkan Puasa Muharram pada tanggal 1-8, kemudian dilanjut dengan Puasa Tasu’a dan Asyura. Puasa Asyura disunnahkan sebagaimana termaktub dalam hadis Nabi saw.

Dari Abu Qatadah ra., Rasulullah saw bersabda: “Puasa pada hari Asyura dapat menghapus dosa tahun sebelumnya, dan puasa pada hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun, yaitu tahun yang telah berlalu dan tahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

Imam An-Nawawi menyebutkan, puasa pada hari Asyura dapat menghapuskan semua dosa kecil dan diharapkan dapat menghapuskan dosa besar. Pahala dari puasa ini akan menghapus dosa kecil jika ditemukan dosa kecil untuk diampuni. Jika tidak ada dosa kecil dan besar yang ditemukan, dia akan mendapatkan pahala dan kedudukan yang tinggi. Jika ditemukan dosa besar tanpa dosa kecil, kita berharap bahwa dosa besar akan berkurang.

Perbanyak Shalat

Rutinkanlah shalat berjamaah dan memperbanyak shalat sunnah. Hal ini termasuk di antara amalan-amalan terbaik yang mendekatkan diri kepada Allah. Dalam hadis disebutkan, “Hendaklah engkau banyak bersujud kepada Allah, karena setiap sujud yang engkau lakukan akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosa-dosamu.” (HR. Muslim).

Dengan mempertahankan shalat secara rutin, kita akan mendapatkan beberapa keutamaan antara lain:

  1. Cahaya bagi seorang muslim di hari kiamat dan cahaya untuknya di dunia.
  2. Menghapus dosa-dosa dan membersihkan jiwa dari dosa dan kesalahan, serta menghapus dosa-dosa kecil. Allah akan mengampuni dosa hamba-Nya melalui shalat yang dikerjakan antara satu shalat dengan shalat berikutnya, dan juga mengampuni dosa-dosa sebelumnya.
  3. Shalat merupakan amalan terbaik setelah mengucapkan dua kalimat syahadat.
  4. Allah akan meninggikan derajat hamba-Nya karena shalat.
  5. Shalat akan menjadi pengantar bagi seorang muslim menuju surga, bersama dengan Rasulullah saw. beliau menjelaskan bahwa menunggu shalat adalah seperti berperang di jalan Allah.
  6. Rasulullah saw. menyebutkan bahwa pahala orang yang keluar untuk melakukan shalat sama dengan pahala seorang haji mabrur.
  7. Shalat merupakan amalan pertama yang akan dihisab di hari kiamat.
  8. Orang yang sedang dalam shalat dianggap dalam keadaan shalat selama belum meninggalkannya.
  9. Orang yang sedang dalam shalat dianggap dalam keadaan shalat selama shalat tersebut masih menghalanginya.
  10. Para malaikat akan terus mendoakan orang yang sedang dalam shalat hingga ia selesai dari shalatnya.

Menjauhi Maksiat

Salah satu amal terbaik pada hari Asyura adalah menjaga seluruh anggota tubuh dari perbuatan terlarang sepenuhnya pada hari ini.

Dari Ibnu Abbas ra., Rasulullah saw. bersabda kepada Fadhl ibnu Abbas di hari Arafah, “Wahai anak saudaraku, inilah hari di mana segala pendengaran, penglihatan, dan ucapan seseorang akan diampuni,” (HR. Ahmad).

Imam Baihaqi menambahkan, “Barangsiapa yang menjaga pendengaran, penglihatan, dan ucapan pada hari Arafah, dosanya akan diampuni dari Arafah ke Arafah.”

Perbanyak Tahlil

Salah satu amal terbaik pada hari Asyura adalah banyak mengucapkan kalimat tauhid dengan ikhlas dan tulus. Dalam hadis disebutkan bahwa doa yang paling sering diucapkan oleh Nabi saw. pada hari Arafah adalah,

لَا إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُو عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Laa ilaaha illallah, wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, biyadihil khair, wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadir.

“Tidak ada Tuhan selain Allah, Dia Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya pujian, dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu.” (HR. Ahmad).

Memohon Ampunan

Salah satu amal terbaik pada hari Asyura adalah banyak berdoa memohon ampunan dan pembebasan dari neraka. Inilah doa yang diajarkan oleh Ali bin Abi Thalib,

اَللَّهُمَّ اعْتِقْ رَقَبَتِي مِنَ النَّارِ وَأَوْسِعْ لِي مِنَ الرِّزْقِ الْحَلَالِ وَاصْرِفْ عَنِّي فَسْقَةَ الْإِنْسِ وَالْجِانِ

‘Allahumma a’tiq raqabati minan naar, wa ausi’ li minar rizqil halal, wa asrif ‘anni fus-saqatal insi wal jinn.’

“Wahai Allah, bebaskanlah hamba dari siksa neraka dan luaskanlah rezeki halal untukku, dan hindarkanlah dariku kejahatan manusia dan jin.”

Sempurnakan Niat Puasa

Menyempurnakan niat Puasa Asyura sejak malam, maka puasanya akan menghapuskan dosa selama setahun sebelumnya dan setahun setelahnya. Berikut lafaz niatnya,

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوعَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma Tâsû’â-a lilâhi ta’âlâ. 

“Saya niat puasa Tasu’a karena Allah Taala.” 

Perbanyak Amal Saleh

Memperbanyak amal saleh pada hari itu, seperti melakukan shalat malam, istighfar, berdoa pada waktu sahur, bersegera menuju shalat berjamaah, duduk setelah shalat subuh untuk berzikir kepada Allah hingga terbit matahari, menunggu shalat setelah shalat, serta banyak berzikir dengan pujian, tasbih, takbir, dan tahmid kepada Allah swt.

Rutin Berzikir

Amalan terbaik di hari Asyura lainnya adalah konsisten berzikir. Zikir yang paling utama dianjurkan adalah lafaz zikir: Subhanallah, Alhamdulillah, La ilaha illallah, Allahu Akbar.

SahabatQu, agar doa dan zikir terkabul perhatikanlah hal berikut: niat hanya untuk Allah, memuji-Nya dengan nama-nama dan sifat-sifat-Nya yang baik, yakin bahwa doa akan dikabulkan, menghadap ke kiblat, menjaga kebersihan, serta merendahkan diri di hadapan Allah.

Silaturahmi dan Berbakti Kepada Orang Tua

Di antara amalan terbaik di hari Asyura adalah menjalin hubungan silaturahmi dan berbakti kepada orang tua. Ada banyak keutamaan dalam menjalin silaturahmi, salah satunya senantiasa terhubung dengan Allah di dunia dan akhirat; karena silaturahmi tergantung di atas Arasy.

Hal ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk-makhluk-Nya. Setelah selesai menciptakan mereka, maka Rahim berkata, ‘Ini adalah tempat berlindung bagi orang yang mencariku dari terputusnya hubungan.’ Allah berfirman, ‘Benar, apakah kamu ridha jika Aku mencabut dari mereka yang mencarimu dan memutuskan hubungan denganmu?’ Rahim menjawab, ‘Tentu, ya Rabb.’ Allah berfirman, ‘Nah, hubungan ini untukmu.’ Maka Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- membacakan, ‘Maka bagaimana pendapatmu jika kamu berbalik pada dosa dan merusak kesucian hubungan silaturahimmu.'” (HR. Bukhari).

Berikut ini manfaat silaturahmi:

  • Memperoleh kasih sayang Allah dan cinta dari sesama manusia.
  • Rezeki yang cukup dan bertambah berkah dalam kehidupan dan rumah tangga.
  • Menghormati mayat dengan pemakaman yang baik dan menjauhkan dari mayat yang buruk.
  • Mendapatkan surga bersama orang-orang yang pertama masuk surga.

SahabatQu, demikianlah 10 amalan terbaik di hari Asyura. Semoga semua amalan ini bisa dijalankan agar bisa mendapatkan keberkahan.

membawa pesan mendalam dan berkah, mengisi jiwa dengan semangat cinta-Nya. Kita berjalan di jejak kekasih Allah, merenungkan makna dan keajaiban yang tersembunyi di balik amalan-amalan pilihan ini yang akan membawa cahaya kehidupan tanpa batas.

Leave a Comment