Raih Berkah, Baca Doa Ini di Akhir dan Awal Tahun Muharram

Kasih bintang post

GenQu Media—Doa akhir dan awal tahun adalah dua doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh umat Islam. Doa akhir tahun dibaca pada malam terakhir bulan Dzulhijjah, sedangkan doa awal tahun dibaca pada malam pertama bulan Muharram.

Pada saat senja menjelang Maghrib, ketika bulan mulai terlihat, maka dimulailah perayaan Tahun Baru Hijriah dan bulan Muharram pun tiba. Beberapa jam sebelum senja, khususnya setelah waktu Ashar berakhir, merupakan momen yang sangat tepat untuk merefleksikan akhir tahun.

Saat tersebut adalah waktu yang ideal untuk mengingat semua tujuan spiritual yang belum tercapai dan mengakui dosa-dosa yang masih dilakukan. Melakukan introspeksi semacam ini akan semakin bermakna jika dilakukan sambil berdoa sebagai bentuk permohonan kepada Allah swt.

Salah satu doa yang terkenal di Indonesia untuk akhir tahun adalah doa yang terdapat dalam kitab Al-Jami’ Al-Kabir karya Imam As-Suyuthi.

Seperti apakah doa akhir dan awal tahun Muharram? SahabatQu, berikut adalah bacaan doa akhir dan awal tahun dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahannya:

Artikel NetQu: Sepotong Kisah dalam Kelezatan Siomay Asmajak

Doa Akhir Tahun

Bagaimanakah teks doa akhir tahun? Imam Suyuthi memasukkan doa dalam kitab Al-Jami’ Al-Kabir untuk mengakhiri tahun.

اَللّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِيْ هذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنَيْ عَنْهُ وَ لَمْ تُرُضِهِ
وَ نَسِيْتَهُ وَ لَمْ تَنْسَهُ وَ حَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَي عُقُوْبَتِيْ وَ دَعَوْتَنِيْ اِلَي التَّوْبَةِ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيتَكَ اَللّهُمَّ فَاِنِّيْ اسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ وَ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدتْنِي الثَّوَابَ فَاَسْاَلُكَ اللّهُمَّ يَا ذَا الْجُوْدِ وَالْكَرَمِ اَنْ تَقْبَلَهُ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّم

Allahumma ma ‘amiltu fi hazihis sanati mimma nahaitani anhu walam toredhahu wa lam astaghfirk minhu wa lam tamna’ny bihi wa la tazal ‘alayya bi fadhlik ba’da qudratak ‘ala ‘uqubati wa da’autani ila tobati baada jar’ati ‘ala ma’shiyatik fa inni astaghfiruka fa ghfir li wa ma ‘amiltu fiha mimma toradhahu wa wa’adtani althuwwab fa as’aluka Allahumma jaddaan wa karamaan an toqabelahu menni wa la taqta’ rajuyi mink wa salli allahumma ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa sahbihi wa sallim.

"Ya Allah, apa pun yang telah aku lakukan di tahun ini yang termasuk hal-hal yang Engkau larang dan tidak Engkau ridhai, dan aku telah melupakannya padahal Engkau tidak melupakannya, dan Engkau telah memaafkanku padahal Engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeruku untuk bertaubat setelah aku berani mendurhakai-Mu, maka sesungguhnya aku memohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku. Dan apa pun yang telah aku kerjakan dari amalan yang Engkau ridhai dan Engkau telah menjanjikan pahala atasnya, maka aku mohon kepada-Mu, wahai Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Mulia, agar Engkau menerimanya dariku dan janganlah Engkau putus harapanku dari-Mu. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya."

Artikel FYP: Inilah Fakta Unik Sejarah Tahun Hijriah

Doa Awal Tahun

Dalam doa awal tahun ini, kemudian ditambahkan shalawat untuk Nabi Muhammad saw. pada bagian awal doa oleh Habib (Sayyid) Utsman bin Yahya, seorang Mufti Batavia yang lahir pada tahun 1822 dan meninggal pada tahun 1914.

اَللّهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ. وَهَذَاعَامٌ جَدْيُدٌ قَدْ أَقْبَل. أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مَنَ الشْيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وِالْعَوْنَ عَلَى هَذه النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالْاشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ
وَصَحْبِه وَسَلَّم

Allahumma antal aabadiyyul qadimul awwal wa ‘ala fadhlikal ‘azhiim wa karyem judokal almu’aawal haazihi sanatun jadidah qad aqbalat as’aluka fyahoma el’ismata men syayitan wa auliya’ihi wal’aun ‘ala haiyaati aimmati alammarah bissu wa alshigal bimaa yuqarrabuni ilayka zulfaan ya zul jalaali walikram wa salli allahumma ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa sahbihi wa sallim.

"Ya Allah, Engkaulah yang Maha Abadi, Yang Awal, dan Yang Tunggal. Atas kemurahan-Mu yang agung dan kemurahan-Mu yang sangat diharapkan. Tahun baru telah datang. Aku mohon kepada-Mu di tahun ini, perlindungan dari setan dan para pengikutnya, bantuan dalam hidupku yang dikuasai oleh jiwa yang memerintahkan kepada kejahatan, dan sibuk dengan apa yang mendekatkanku kepada-Mu dengan kedekatan. Wahai pemilik keagungan dan kemuliaan, dan semoga rahmat dan salam Allah tercurah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya."

Artikel FYI: 5 Keutamaan Surah Al-Mulk, Menyingkap Rahasia & Manfaatnya

Ulasan Doa

SahabatQu, berikut adalah penjelasan dari doa akhir tahun dan awal tahun:

  • Doa akhir tahun

Doa akhir tahun berisi permohonan ampun kepada Allah swt. atas segala dosa yang telah dilakukan di tahun yang telah berlalu. Doa ini juga berisi harapan agar Allah swt. menerima amal ibadah yang telah dilakukan di tahun yang telah berlalu dan memberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah di tahun yang akan datang.

  • Doa awal tahun

Doa awal tahun berisi permohonan perlindungan kepada Allah swt. dari godaan setan dan orang-orang yang jahat. Doa ini juga berisi harapan agar Allah memberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan di tahun yang akan datang, serta memberikan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan.

Doa akhir tahun dan awal tahun adalah dua doa yang sangat penting untuk dibaca oleh umat Islam. Doa-doa ini dapat membantu kita untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah dan memohon perlindungan dari berbagai macam bahaya.

SahabatQu, demikianlah doa akhir dan awal tahun. Semoga kedua doa ini menjadi pemompa semangat hijrah agar menjadi pribadi lebih baik.

Leave a Comment