Doa, Zikir, dan Amalan yang Dianjurkan Selama Bulan Rajab

5/5 - (1 vote)

GenQu Media—Umat Islam memasuki bulan Rajab, salah satu bulan suci yang memiliki keistimewaan khusus bagi kaum muslim. Bulan ini dianggap sebagai bulan berkah, pengampunan, dan pahala yang berlipat ganda. Selain itu, umat Islam juga merayakan malam Isra’ Mikraj di bulan ini. SahabatQu, mari ekspolarasi lebih jauh mengenai keistimewaan bulan ini seperti yang dilansir dari www.cairo24.com.

Keutamaan Bulan Ini

Rajab adalah salah satu dari empat bulan suci di mana peperangan dilarang. Praktik ini telah diakui dan dihormati sejak zaman dahulu. Al-Qur’an menyebutkan bulan-bulan suci ini dalam Surah At-Taubah, menyatakan bahwa di sisi Allah, ada dua belas bulan, di antaranya empat bulan suci, yaitu Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Nabi Muhammad saw. menunjukkan bulan-bulan tersebut sebagai “agama yang tetap” dan menasihati agar tidak menzalimi diri sendiri selama bulan tersebut. Rajab juga disebut sebagai “Rajab al-Fard” karena terpisah dari tiga bulan suci lainnya.

Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram berurutan, sementara Rajab datang setelah enam bulan berlalu, setelah bulan-bulan: Safar, Rabi’ul Awwal, Rabi’ul Akhir, Jumadil Awwal, dan Jumadil Akhir.”

Doa dan Zikir di Bulan Rajab

Beberapa doa dan zikir yang dapat diamalkan selama Rajab.

Doa Keberkahan

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii Rajaab wa Sya’baana, wa ballighnaa Ramadhaan.

Wahai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan

Doa Mohon Ampun

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ

Rabbighfirlii warhamnii watub ‘alayya. (70x)

Ya Allah, ampunilah aku, sayangilah aku, dan terimalah taubatku.

Dalam Al-Jami’ karya Imam Suyuti, disebutkan, Ibnu Asakir meriwayatkan dari Abi Umamah, Wahab bin Munabbih pernah menyampaikan ucapan berikut. “Aku membaca dalam kitab Allah yang diturunkan sebelum Al-Qur’an. Tertulis bahwa siapa pun yang memohon ampunan pada bulan Rajab di pagi dan sore hari. Dengan mengangkat kedua tangannya, seraya mengucapkan, “Rabbighfirlii warhamnii watub ‘alayya” sebanyak 70 kali, maka kulitnya tidak akan terkena bara neraka.”

Mohon Rezeki Halal

يَا اللهُ، يَا رَبُّ، يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ. يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ، أَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الْعَظِيمِ الْأَعْظَمِ. أَنْ تَرْزُقَنِي رِزْقًا وَاسِعًا حَلَالًا طَيِّبًا. بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ، اللهُمَّ ارْزُقْنَا رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ كَمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ.

Yaa Allah, ya Rabb, ya Hayu ya Qayyum. ya Dzal Jalaali wal Ikraam. As’aluka bismika al-‘azhim al-a’zham an tarzuqni rizqan wasi’an halalan thayyiban. Biraḥmatika ya arḥama ar-rahimīn, Allahumma arzuqna rizqan halalan thayyiban mubaarakan fih kama tuhibbu wa tardha ya Rabbal ‘Alamin.

Ya Allah, ya Tuhan, ya Yang Maha Hidup, Yang Maha Kekal. Wahai Yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Aku memohon dengan nama-Mu yang agung agar Engkau memberikan rezeki yang luas, halal, dan baik. Dengan rahmat-Mu, wahai Yang Maha Pengasih di antara yang pengasih. Ya Allah, karuniakanlah kami rezeki yang halal, baik, dan diberkahi, sesuai dengan kehendak dan kerelaan-Mu, wahai Tuhan Semesta Alam.

Memohon Kebaikan dan Berlindung dari Kejahatan Bulan ini

اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ شَهْرِ رَجَبٍ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَنَسْأَلُكَ فَوَاتِحَ الْخَيْرِ وَجَوَامِعَهُ فِي هَذَا الشَّهْرِ الْفَضِيلِ. اللهُمَّ فِي شَهْرِ رَجَبٍ. حَقِّقْ لَنَا آمَالَنَا الَّتِي اسْتَصْعَبْنَا تَحْقِيقَهَا بِقَوَانِينِ الدُّنْيَا. فَإِنَّهُ لَا يُعْجِزُكَ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ.

Allahumma inna nas’aluka khaira syahri Rajab wa na’udzu bika min syarrihi wa nas’aluka fawaatihal khairi wajwaam’ihi fii hadza ash-shahri al-fadhil. Allahumma fi shahri Rajab, haqqiq lana amalana allati astasha’bna tahqiqaha. Bi qawaanini ad-dunya fa innaka laa ya’zuka shay’un fil ardhi wa la fis-samaa’.

Ya Allah, kami memohon kebaikan pada bulan Rajab dan berlindung kepada-Mu dari kejahatannya. Kami juga memohon kepada-Mu pembukaan kebaikan dan kumpulan kebaikan dalam bulan yang mulia ini. Ya Allah, di bulan Rajab, wujudkanlah harapan-harapan kami yang sulit kami capai dengan aturan dunia. Sebab, tidak ada sesuatu pun yang tidak mungkin bagi-Mu di bumi maupun di langit.

Doa Memohon Cahaya

اللهُمَّ اجْعَلْ لِي فِي قَلْبِي نُورًا، وَفِي لِسَانِي نُورًا. وَفِي سَمْعِي نُورًا، وَفِي بَصَرِي نُورًا، وَمِنْ فَوْقِي نُورًا، وَمِنْ تَحْتِي نُورًا. وَعَنْ يَمِينِي نُورًا، وَعَنْ شِمَالِي نُورًا، وَمِنْ بَيْنِ يَدَيَّ نُورًا. وَمِنْ خَلْفِي نُورًا، وَاجْعَلْ فِي نَفْسِي نُورًا، وَأَعْظِمْ لِي نُورًا.

Allahumma ij’al li fi qalbi nuran. Wa fi lisaani nuran, wa fi sam’i nuran, wa fi bashari nuran, wa min fawqi nuran. Wa min tahti nuran, wa ‘an yameeni nuran, wa ‘an syimaali nuran. wa min bayni yadayya nuran, wa min khalfi nuran, waj’al fi nafsi nuran, wa a’dzim li nuran.

Ya Allah, jadikanlah untukku cahaya di dalam hatiku. Cahaya di dalam lisanku, cahaya di dalam pendengaranku, dan cahaya di dalam penglihatanku. Sinar di atasku, cahaya di bawahku. Cahaya di sebelah kananku, cahaya di sebelah kiriku. Cahaya di hadapanku, cahaya di belakangku, dan jadikanlah di dalam jiwaku cahaya yang besar.

Doa Memohon Kebahagiaan

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكِ أَسْتَغِيثُ، أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ. اللهُمَّ ارْزُقْنِي سَعَادَةً وَهَنَاءً فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَارْضَ عَنِّي. وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ، وَاصْرِفْ عَنِّي مَا يُؤْذِينِي وَيُشْغِلُ بَالِي وَيَحْزُنُ قَلْبِي وَيَضِيِّقُ صَدْرِي.

Yaa Hayyu. Yaa Qayyum, birahmatika astaghitsu, ashlih liy sya’ni kullahu, wa laa takilni ila nafsi tarfata ‘ain. Allahumma arzuqni sa’adan wa hanaan fi ad-dunya wal-akhirah. Wa ardha anni wa adkhilni birahmatika fi ‘ibadika ash-shalihin. Wa ashrafa ‘anni ma yu’dzini wa yasyghilu bali wa yahzun qalbi wa yadziq sadri.

Wahai Yang Maha Hidup, Wahai Yang Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan. Perbaikilah segala urusanku, dan janganlah Engkau serahkan aku kepada diriku sendiri sekejap mata pun. Ya Allah, anugerahkanlah kebahagiaan dan kesenangan bagiku di dunia dan akhirat. Ridhai aku, masukkanlah aku dengan rahmat-Mu di antara hamba-hamba-Mu yang shalih. Hindarkanlah dari diriku segala yang menyakitiku, mengganggu pikiranku, membuat hatiku sedih, dan mempersempit dadaku.

Amalan yang Dianjurkan

Inilah amalan yang perlu diperbanyak selama bulan Rajab seperti dikutip dari albawabhnews.com:

  • Dianjurkan untuk berpuasa, bersedekah, dan melakukan umrah. Berdoa sangat dianjurkan sepanjang bulan, terutama pada malam pertama Rajab.
  • Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa ada lima malam di mana tidak boleh ditinggalkan shalat, salah satunya adalah malam pertama Rajab. Nabi Muhammad saw. juga mengungkapkan keutamaan berpuasa di bulan ini. Beberapa ulama, seperti Imam Syafi’i, menyarankan untuk menyembelih hewan kurban pada bulan ini, yang dikenal sebagai ‘Aatirah.
  • Penting untuk banyak memperbanyak istighfar, tobat, dan menjauhi dosa pada saat ini. Larangan terhadap kezaliman semakin ditekankan selama bulan-bulan suci. Al-Qur’an menyebutkan, tahun itu terdiri dari dua belas bulan. Di antaranya empat bulan suci, sementara Rasulullah memperingatkan tentang kezaliman pada bulan-bulan tersebut.

SahabatQu, demikianlah uraian singkat mengenai doa, zikir, dan amalan yang dianjurkan di selama Rajab. Semoga dengan mengamalkannya, SahabatQu mendapatkan keberkahan dan keutamaan bulan ini.

Leave a Comment