Shalat Idul Adha, Jamaah Masjid Riyadhul Huda Padati Terminal Sadawangi

5/5 - (1 vote)

GenQu MediaKumandang takbir Hari Raya Idul Adha sudah mulai bergema pada Rabu, (28/06/2023). Sebagian umat Islam merayakan Idul Adha di hari tersebut. Termasuk jamaah Masjid Riyadhul Huda yang berlokasi di Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Sebagaimana yang terjadi tahun-tahun sebelumnya, Hari Raya Idul Adha ini mengalami perbedaan hari dalam pelaksanaannya. Sebagian kaum muslim melaksanakannya pada Rabu, (28/06/2023), sedangkan yang lainnya melaksanakan shalat Idul Adha pada Kamis (29/06/2023). 

Artikel FYI: 10 Pesan UAS Tentang Keutamaan Membersamai Al-Qur’an

Puluhan jamaah Masjid Riyadhul Huda dan sekitarnya berkumpul di Terminal Desa Sadawangi untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H. Acara tersebut dihadiri oleh tokoh agama terkemuka. Ustaz Abdus Somad sebagai imam shalat dan Ustaz Aceng Kurnia S.Pd.I, M.Pd sebagai khatib Idul Adha.

Dalam ceramah yang menginspirasi jamaah, Ustaz Aceng Kurnia menyoroti keunikan dan keistimewaan kaum muslim.

"Umat Islam memiliki ajaran yang berbeda dengan umat lainnya. Bukan hanya dalam peribadatan dan perayaan hari raya, melainkan juga dalam tatanan aturan kehidupan sehari-hari. Islam adalah agama yang luhur dan kemuliaannya tak tertandingi oleh agama, ajaran, atau ideologi lainnya," tutur Ustaz Aceng. 

Ustaz Aceng juga mengutip sabda Nabi Muhammad saw. yang diriwayatkan oleh Imam Daruquthni. Hadis tersebut menjelaskan tentang betapa agung dan tingginya agama Islam sehingga tidak akan ada agama yang bisa menandinginya,

“Islam itu tinggi dan tidak ada yang mengalahkan ketinggiannya.” ujarnya.

Artikel StoryQu: Kenapa Nabi Ibrahim meninggalkan Siti Hajar dan Ismail?

Ustaz Aceng menegaskan bahwa setiap muslim harus memegang teguh agamanya.

“Setiap Muslim yang menginginkan kemuliaan hidup dunia dan akhirat harus selalu berpegang teguh pada agama Allah. Dia harus beriman dan menjalankan syariah Islam. Dia juga harus mewujudkan ketaatan total dalam kehidupan.” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ustaz Aceng Kurnia juga menekankan pentingnya ketaatan total kepada Allah swt. Ketaatan tersebut ditunjukkan dengan menerapkan syariah Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dia menggambarkan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail as. sebagai contoh teladan dalam ketaatan. Kedua tak ragu-ragu dan tidak menunda dalam menjalankan perintah Allah.

Artikel MotivasiQu: Sering Merasa Kehilangan Arah Hidup, Inilah Tujuan Hidup dalam Islam Menurut Al-Qur’an

“Di momen Idul Adha ini, mari kita bersungguh-sungguh menjalankan ketaatan kepada Allah swt. dan berjuang untuk menerapkan kembali hukum-hukum-Nya,” tandas Ustaz Aceng dengan penuh semangat.

Kehadiran jamaah yang memadati Terminal Desa Sadawangi menunjukkan kekompakan warga. Antusiasme mereka dalam menjalankan shalat Ied dan menyimak khotbah menunjukkan masih tingginya semangat mereka dalam mengamalkan ajaran Islam.

Suara takbir dan tahlil saat acara berlangsung menambah suasana yang khusyuk dan membangkitkan semangat persatuan dan solidaritas kaum muslim.

Leave a Comment