5 Tanda Wanita yang Dirindukan Surga

Kasih bintang post

GenQu Media—SahabatQu, setiap makhluk hidup pada akhirnya akan mengalami kematian, dan dunia ini merupakan tempat sementara, sedangkan kehidupan sesungguhnya terletak di akhirat, yakni di surga. Tempat paling mulia menjadi impian setiap manusia, mengingat di dalamnya terdapat keindahan, kenikmatan, dan kebahagiaan abadi, sesuai dengan janji Allah swt bagi siapa saja yang beriman kepada-Nya.

SahabatQu, tahukah kalian siapa manusia pertama yang diberikan anugerah masuk surga? Ya, beliau adalah Nabi Muhammad saw seorang rasul yang menjadi panutan bagi umat Islam. Hadis dari Anas bin Malik ra., Rasulullah saw bersabda, “Aku adalah nabi yang paling banyak pengikutnya di hari kiamat, dan aku yang pertama kali mengetuk pintu surga.” (HR. Muslim).

Bukan hanya dari kalangan laki-laki, wanita juga diberikan keistimewaan untuk menjadi penghuni surga dengan berbagai jalan dan kemudahan. Wanita pertama yang menjadi penghuni surga adalah Siti Hawa. Kemudian, wanita-wanita tangguh lainnya termasuk di antaranya dari kalangan Ummul Mu’minin seperti Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran, dan Asiyah binti Muzahim. Mereka mendapatkan jaminan keberadaan di surga karena kesetiaan dan keimanan yang tulus kepada agama Allah. (HR Ibnu Hibban, Ahmad, Abu Ya’la, Ath-Thabrani, Abu Daud, dan Al-Hakim).

Namun, perlu diingat, tidak setiap wanita diinginkan oleh surga. Meskipun seorang muslimah, tidak semua wanita akan menjadi penghuni surga. Hanya mereka yang memenuhi kriteria tertentu dan menjaga diri dari godaan pergaulan bebas, yang dirindukan oleh surga. Sebagai wanita, kita harus mampu membentengi diri dengan iman dan takwa agar terhindar dari jalan yang sesat.

Baca juga : Kisah Hijrah Abu Bakar dan Rasulullah yang Menggetarkan Hati

Lantas, bagaimana wanita yang dirindukan surga? Apa saja sifat-sifatnya? Yuk, simak ulasan berikut ini:

Wanita yang Bertakwa

Takwa adalah sifat dasar bagi setiap orang yang beriman, yaitu rasa takut berbalut cinta kepada Allah swt. Wanita yang bertakwa senantiasa melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, baik secara lahir maupun batin. Salah satu syarat utama untuk mendapatkan keselamatan dari siksa neraka adalah dengan bertakwa, sebagaimana janji Allah swt dalam Al-Quran, “Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membuat yang zalim bertekuk lutut di dalam (neraka).” (QS. Maryam [19]: 72).

Dalam Islam, Allah swt juga memerintahkan wanita untuk menutup aurat sebagai tanda ketakwaannya. Hal ini disebutkan dalam Al-Qur’an Surah An-Nur [24] : 31 “Dan beritahukan kepada para wanita yang beriman untuk menjaga pandangan dan kemaluan mereka, dan tidak memperlihatkan perhiasan (auratnya), selain yang (biasanya) terlihat. Dan hendaklah mereka menjulurkan kain sampai ke dadanya…”

Artikel FYI: 3 Fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an yang Wajib Dipahami

Wanita yang Sabar

Kata “sabar” disebutkan lebih dari 70 kali dalam Al-Qur’an, dan hal ini menunjukkan betapa pentingnya sikap sabar dalam kehidupan seorang Muslim. Orang-orang yang bersabar karena Allah akan mendapatkan tempat yang tinggi dan mulia di surga. Allah swt berfirman,

“Dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang benar. Kemudian jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena bisa jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya.” (QS. An-Nisa [4]: 19).

Wanita yang Menjaga Shalat 5 Waktu

Wanita dalam Islam dipandang dengan kemuliaan dan memiliki banyak kewajiban, salah satunya kewajiban menjaga shalat lima waktu agar termasuk wanita yang dirindukan surga. Melaksanakan shalat lima waktu merupakan kewajiban wajib bagi setiap Muslim, termasuk wanita. Allah swt memberikan keistimewaan bagi wanita yang setia menjalankan shalatnya, dan Allah berjanji, “Jika seorang wanita selalu menjalankan shalat lima waktu, puasa selama bulan Ramadan, menjaga kemaluannya (dari zina), dan menaati suaminya, maka sampaikan kepada wanita tersebut, ‘Masuklah ke surga melalui pintu yang kau inginkan.'” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban).

Wanita yang Berhusnudzan

Husnudzon adalah akhlak terpuji yang diajarkan dalam Islam, yaitu selalu berbaik sangka terhadap segala hal, termasuk diri sendiri, orang lain, dan Allah swt. Allah berfirman dalam Al-Qur’an, “Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka (buruk), sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain…” (QS. Al-Hujurat [49]:12).

Simak Artikel : Inilah Fakta Unik Sejarah Tahun Hijriah

Wanita yang Menjaga Aib Suami dan Keluarganya

Sebagai seorang istri, memiliki hak dan kewajiban terhadap suami dan keluarga. Salah satu kewajiban istri adalah menjaga kehormatan suami dan keluarganya. Tidak semua hal dalam kehidupan harus diceritakan kepada orang lain, terutama masalah rumah tangga atau persoalan pribadi yang lebih baik disimpan sendiri.

Rasulullah saw. pernah bersabda,

“Tidaklah seorang hamba menutupi (aib) orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat.” (HR. Muslim).

Semoga dengan mengetahui 5 tanda wanita yang dirindukan surga, kita dapat memiliki sikap yang selaras dengan ajaran agama dan mendapatkan keindahan serta kebahagiaan di akhirat kelak. Selalu ingat, iman dan takwa adalah kunci untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mari berusaha menjadi wanita yang berakhlak mulia yang dirindukan oleh surga. Wallahu a’lam.

1 thought on “5 Tanda Wanita yang Dirindukan Surga”

Leave a Comment